Ban Belakang Bridgestone Lebih Lunak Untuk MotoGP Motegi

Ban Belakang Bridgestone Lebih Lunak Untuk MotoGP Motegi
Kamis, 8 Oktober 2015 15:40
Danu P Dirgantoro

Menjelang MotoGP Motegi akhir pekan nanti, Bridgestone mengubah pilihan ban belakang slick. Untuk para rider MotoGP akan dapat pilihan kompon medium lebih lunak dari biasanya. Sedangkan pembalap Open Class diberi pilihan untuk pakai kompon extra-soft.

“Kecenderungan temperatur Grand Prix Motegi biasanya selalu dingin. Kondisi seperti itu menuntut kami mengembangkan ban yang mampu cepat panas untuk balapan di sini (Motegi). Tapi karakter stop and go sirkuit juga hal yang penting untuk kami perhatikan dalam pengembangan,” ujar Shinji Aoki, Manajer Departemen Pengembangan Ban Roda Dua Bridgestone.

“Sirkuit Motegi punya area yang menuntut motor harus mengerem keras dan ada juga berakselarasi cepat. Maka ban yang dipakai harus memberikan stabilitas bagus saat mengerem, dan juga grip yang bagus untuk membantu motor berakselerasi keluar dari tikungan dan daya tahan tinggi,” celoteh pria paruh baya ini.

Sirkuit motegi yang punya delapan belokan ke kanan dan enam tikungan kiri, disebut Bridgestone punya karakter yang stop and go. Maka ban asimetris yang akan disediakan Bridgestone adalah yang punya bahu kanan lebih keras.

“Untuk GP Jepang tahun ini kami mengubah sedikit alokasi ban belakang, dengan ban opsi kompon paling keras, yaitu ban medium simetrik lebih lunak daripada tahun lalu untuk performa cornering lebih baik. Ban belakang slick extra-soft juga tersedia buat rider open class. Pada tahun ini, ban ini kembali dialokasikan kembali setelah GP Le Mans," papar Aoki.

Dengan demikian, buat para rider Factory Yamaha dan Honda tersedia ban slick simetrik medium dan asimetrik soft. Sementara semua rider Open Class, juga Ducati, Suzuki dan Aprilia bisa menggunakan ban asimetrik extra-soft dan soft. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.