Fakta Unik: Komponen Mana yang Terpanas dari Motor Balap MotoGP?

Fakta Unik: Komponen Mana yang Terpanas dari Motor Balap MotoGP?

Setiap motor tentunya bekerja dengan suhu panas agar dapat berfungsi dengan baik. Terutama pada motor yang digunakan untuk balapan, seperti MotoGP misalnya. Jika motor normal saja sudah memiliki suhu yang tinggi, bagaimana dengan suhu pada motor MotoGP?

Dilansir dari Box Repsol, setidaknya terdapat sejumlah komponen pada motor MotoGP yang memiliki suhu tinggi. Salah satunya adalah ban yang memiliki suhu sekitar 100 derajat celcius agar mendapatkan grip optimal. Dengan suhu setinggi ini, jika diaplikasikan pada sebuah air, maka air tersebut akan cepat mendidih.

Valentino Rossi, Marc Marquez, Joan Mir, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso

Suhu pada ban memang sudah tinggi, tetapi tidak sebanding dengan bantalan pada rem karbon di motor MotoGP. Pada bagian kaliper, suhunya bisa mencapai 200 derajat celcius. Sedangkan pada pengoperasian optimal, cakram dan bantalannya bisa mencapai antara 200 dan 800 derajat celcius.

   Baca Juga: Marc Marquez Muncul Tanpa Pelindung Tangan, Siap Balapan?

Pada bagian suspensi tidak terlalu panas, terutama di suspensi depan yang hanya meningkat sedikit dari suhu lingkungan. Sedangkan suspensi belakang bisa cukup panas hingga mencapai 70 derajat celcius. Hal ini dikarenakan suhu sangat penting untuk menyesuaikannya, mengingat viskositas oli di dalam suspensi bervariasi.

Valentino Rossi

Sedangkan pada bagian bahan bakar menurut aturan tidak boleh lebih dari 15 derajat celcius di bawah suhu lingkungan. Mengingat pada suhu 15 derajat celcius, 1 liter bahan bakar memiliki berat 0,75 kg. Sedangkan pada 25 derajat celcius, berat yang sama setara dengan 10,1 liter.

   Baca Juga: Joan Mir Tunjukkan Kekuatan di MotoGP Emilia Romagna

Tetapi semua suhu pada sejumlah komponen tersebut tidak seberapa panas jika dibandingkan dengan mesin. Pada bagian mesin, api biasanya mencapai 1.800 derajat hingga 2.500 derajat celcius. Sedangkan pada gas buang bisa mencapai lebih dari 600 derajat celcius.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id