Ternyata Harga Satu Motor MotoGP Capai Puluhan Miliar Rupiah!

Ternyata Harga Satu Motor MotoGP Capai Puluhan Miliar Rupiah!
Selasa, 23 Juni 2020 15:00
Brian

Berbicara motor paling cepat dan paling canggih, tentunya tidak jauh dari motor yang beradu di lintasan balap MotoGP. Motor yang dirancang secara khusus itu tentunya tidak mengherankan jika memiliki kecepatan yang sangat luar biasa. Dengan banyaknya teknologi baik dari mesin maupun elektrikalnya, tentunya bikin penasaran mengenai harganya.

Dikutip dari situs Box Repsol, ternyata harga satu unit motor MotoGP ditaksir mencapai sekitar 3 juta Euro. Jika dikonversikan dalam bentuk rupiah maka harganya mencapai Rp 48,6 miliar. Angka tersebut tentunya sangat fantastis untuk sebuah sepeda motor.

   Baca Juga: Keeway Cruiser 250 cc V-Twin Diperkirakan Meluncur September

Laporan pun merinci sejumlah komponen yang membuat motor MotoGP menjadi sangat mahal. Dimulai dari mesin, dapur pacu yang diandalkan pada motor MotoGP dinilai mencapai 200.000-250.000 Euro. Jika dirupiahkan, maka harganya setara Rp 3,2-4 miliar hanya untuk sebuah mesin.

repsol, marc marquez

Suku cadang pada motor ini pun tidak sembarangan dan tidak murah. Seperti di bagian elektronik tepatnya sensor, kabel, dan panel harganya bisa mencapai 100.000 Euro. Harga rem pun mencapai 70.000 Euro untuk bagian depan yang terdiri dari tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon, dan 28 pad.

   Baca Juga: Motor Buatan Filipina Ramai Diperbincangkan Karena Mirip NMax

Ban juga menjadi komponen yang sangat mahal, mengingat bagian ini merupakan hal terpenting dalam sebuah balap. Michellin sebagai penyedia tunggal ban balap MotoGP setidaknya harus menyiapkan 1,2 juta Euro atau setara dengan Rp 19,4 miliar. Bagaimana menurut Anda? Cukup fantastis bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.