Batal! Indonesia Tak Gelar MotoGP Mandalika di Musim 2021

Batal! Indonesia Tak Gelar MotoGP Mandalika di Musim 2021

MotoGP Mandalika, Indonesia resmi tidak akan digelar pada kalender balap 2021. Hal ini diputuskan usai perwakilan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports melakukan inspeksi ke sirkuit tersebut pada Rabu (7/4). Meski demikian, FIM dan Dorna mengaku terkesan dengan kemajuan yang ditunjukkan.

Saat ini, disebutkan dalam keterangan resmi FIM dan Dorna, Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa menjadi tuan rumah gelaran MOTUL FIM Superbike pada 14 November 2021. Selanjutnya, ajang MotoGP Mandalika dijadwalkan diadakan pada paruh pertama musim 2022.

   Baca Juga: Indikator Check Engine Honda Berkedip? Ternyata Ini Artinya

"Target tetap untuk Mandalika International Street Circuit yang baru untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, semua pihak yang terlibat sepakat untuk mengadakan FIM MotoGP World Championship Grand Prix pertama ??di trek pada paruh pertama musim 2022, pada prinsipnya selama bulan Maret," demikian pernyataan resmi FIM dan Dorna.

Pertamina Mandalika SAG Racing Team

Meski begitu, jika ajang MotoGP mengadakan acara di Asia Tenggara menjelang akhir 2021, Sirkuit Mandalika diupayakan dapat menggelar sesi tes bagi pembalap MotoGP. Menanggapi hal tersebut, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara turut mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika pada 2022.

"Saya mendukung penuh ajang MotoGP yang akan digelar pada Maret 2022. Ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional dari pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keamanan pengunjung domestik dan internasional," katanya.

Proses Pembangunan Sirkuit Mandalika

   Baca Juga: EV Pocket, Motor Listrik Buatan Indonesia Bisa Tembus 100 km/jam

Sementara itu, Abdulbar M. Mansoer sebagai President Director Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) berterima kasih atas kunjungan FIM dan Dorna. Dirinya yakin akan fokus menyelesaikan Sirkuit Jalan Internasional Mandalika setelah mendapatkan waktu penyelenggaraan yang pasti.

"Kami berterima kasih kepada FIM dan Dorna telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan dengan baik serta memenuhi harapan mereka. Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, kami yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Sirkuit Jalan Internasional Mandalika, sambil juga memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini," jelas Abdulbar M. Mansoer.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id