Valentino Rossi Sebut Yamaha Sulit Adaptasi ECU Magneti Marelli

Valentino Rossi Sebut Yamaha Sulit Adaptasi ECU Magneti Marelli
Senin, 1 November 2021 15:00
Brian

Valentino Rossi akan mengakhiri karirnya di penghujung musim balap 2021. Usai karirnya dipastikan berakhir, pembalap Italia itu pun mulai berani untuk buka suara. Salah satu yang dibeberkan The Doctor adalah masalah pada motor Yamaha M1 yang ditungganginya.

Dilansir dari Tuttomotoriweb, menurut Valentino Rossi Yamaha M1 cukup kesulitan menyaingi motor pabrikan lain. Terdapat dua alasan yang menjadi sumber masalah yakni ban dan elektronik. Pihak MotoGP memang mengatur untuk ban menggunakan Michelin dan kontrol unit elektronik dari Magneti Marelli.

Valentino Rossi

Sejak 2016 MotoGP mengadopsi ECU standar untuk semua motor. Yamaha seperti pabrikan lain, sebelumnya menggunakan unit kontrol produksinya sendiri. Namun setelah menggunakan komponen ECU Magneti Marelli, performa M1 sedikit berkurang.

   Baca Juga: Honda Kembali Gelar Ajang Balap Motor CBR Track Day

"Selama kami menggunakan elektronik, Yamaha M1 adalah proyek yang sangat Jepang, semua insinyurnya adalah orang Jepang. Kami mengalami masalah dalam menggunakan unit kontrol Magneti Marelli secara maksimal. Motor mengambil langkah mundur yang besar ketika kami harus menggunakannya," ungkap Rossi.

Valentino Rossi Pensiun

Valentino Rossi beranggapan hal ini dikarenakan Yamaha tidak mempekerjakan orang dari Magneti Marelli untuk Yamaha. Tidak seperti Ducati dan Honda yang telah mempekerjakan orang Magneti Marelli di paddocknya. Oleh karenanya Rossi meyakini bahwa elektronik menjadi akar masalah utama dalam menghadapi lintasan baik basah atau kering.

   Baca Juga: Melihat Proses Pengecatan Kerb Sirkuit Mandalika

"Semua pabrikan lain memiliki pendekatan yang lebih mirip dengan Formula 1. Ya, mereka terbuka dan memiliki mempekerjakan banyak insinyur Italia. Di Yamaha, orang-orangnya kurang lebih sama," ujar Valentino Rossi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.