Alasan Kondisi Ban Sangat Berpengaruh di Musim Hujan

Alasan Kondisi Ban Sangat Berpengaruh di Musim Hujan

 

Musim hujan telah mengguyur sejumlah kota di Indonesia selama beberapa pekan terakhir. Kondisi ini membuat pengendara sepeda motor harus memperhatikan komponen pada tunggangannya. Salah satu yang harus diperhatikan adalah komponen ban.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan ban punya peran yang sangat penting. Komponen berbahan dasar karet itu merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal. Dirinya pun menyarankan untuk memastikan hal berikut pada komponen ban sebelum motor digunakan di musim hujan.

   Baca Juga: Awas Mogok, Ketahui Ciri Ruang Bakar Mesin Motor yang Kotor

"Ban itu harus dipastikan, urutannya mulai dari tekanan angin, permukaan ban, dan umur ban harus dipastikan. Saat musim hujan itu kan aspal tertutup oleh lapisan air dari yang tipis, setengah sentimeter, sampai beberapa meter seperti banjir," ujar Jusri saat dihubungi oleh OtoRider beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Pengecekan ban

Menurut Jusri jika terdapat air yang melintas di antara ban dan aspal, maka akan membuat daya cengkram atau traksi berkurang. Oleh karenanya beberapa aspek yang pada ban harus benar-benar dipastikan kelayakannya. Jika tidak, maka performa ban tidak akan maksimal yang dapat mencelakakan pengendara.

   Baca Juga: Kurang Dari 20 Menit, Berikut Layanan Pit Express Bengkel Resmi Honda

"Ban bagus, umur ban bagus, tapi tekanan berlebih ya sama saja tidak bisa memberikan traksi. Tekanan ban bagus tetapi umur ban sudah tua dan karetnya mati, otomatis cengkramannya sudah tidak kuat. Alur ban kurang dari 2 mm, kalau sudah begini tidak direkomendasi untuk musim hujan. Karena dia tidak bisa membilah air saat ban melintasi genangan," pungkas Jusri.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id