Sambut MXGP Samota Sumbawa, Polda NTB Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Sambut MXGP Samota Sumbawa, Polda NTB Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

 

Ajang balap motocross MXGP 2022 akan segera dimulai akhir pekan ini, tepatnya pada 24-26 Juni 2022 di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sebagai upaya mencegah kepadatan yang terjadi saat acara berlangsung, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menyiapkan rekayasa lalu lintas kendaraan.

Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan rekayasa lalu lintas ini bertujuan untuk mengurai kemacetan kendaraan dari dan menuju kawasan sirkuit MXGP. "Jadi, sudah ada beberapa konsep manajemen rekayasa lalu lintas yang kami siapkan," ucap Djoni dikutip dari Antara.

   Baca Juga: Weekend Bingung Mau Kemana? 13 Motor Ini Siap untuk Di-Test Ride

Lebih lanjut, Djoni menjelaskan ada empat titik masuk menuju sirkuit di Samota, yakni dari Pelabuhan Poto Tano, Pelabuhan Badas, Bandara Sultan Kaharuddin, dan perbatasan Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Dompu.

Lintasan MXGP Samota Sumbawa Sudah Rampung

Ia pun menyampaikan kepada para penonton yang akan menuju sirkuit, harap untuk mengikuti arahan petugas yang mengatur jalur di lapangan. "Kemudian untuk pengaturan arus kendaraan di dalam kawasan sirkuit, kami juga sudah siapkan beberapa konsep manajemen," kata Djoni.

Termasuk dengan pengelolaan parkir roda dua dan roda empat. Untuk roda dua, disiapkan lahan parkir di depan Grand Samota dengan kapasitas lebih dari 7.000 kendaraan. "Untuk roda empat akan ada stiker khusus yang disediakan. Itu nanti terhubung dengan lahan parkir di depan sirkuit," ujar dia.

    Baca Juga: Rem Belakang Vespa Matic Keras dan Kurang Pakem, Ini Tips Mengatasinya

Dalam ajang ini pun ia menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan transportasi angkutan umum jenis bus untuk para penonton. Ia berharap penonton bisa memanfaatkan angkutan umum tersebut. Ia memastikan panitia penyelenggara telah menyediakan transportasi angkutan umum itu di sejumlah titik penjemputan, seperti di Terminal Sumer Payung dan Pelabuhan Badas.

"Pagi tadi saya koordinasi dengan kepala dinas perhubungan, sudah ada 40 unit bus yang siap. 10 unit di antaranya berkapasitas medium untuk 30 orang penumpang," tutur Djoni.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id