Tiga Sirkuit di MotoGP yang Paling Boros Bahan Bakar

Tiga Sirkuit di MotoGP yang Paling Boros Bahan Bakar
Selasa, 27 Desember 2022 08:00
Ruslan Abdul Gani

Bensin menjadi sumber energi di mesin motor balap MotoGP. Motor balap memang dinilai membutuhkan konsumsi bensin yang cukup boros. Wajar saja, karena untuk membuat motor yang kencang memang diperlukan bahan bakar dalam jumlah banyak.

Tiap motor MotoGP diatur oleh regulasi agar mampu menyelesaikan satu kali balapan dengan jumlah bahan bakar 22 liter. Supaya cukup, para teknisi MotoGP harus pintar dalam membuat pengaturan motor. Soalnya, Johann Zarco pernah mendorong motor melewati garis finish karena kehabisan bakar bakar di Sirkuit Misano, Italia. Lantas, sirkuit mana yang paling boros bensin?

   Baca Juga: Ducati Ungkap Momen Kunci Keberhasilan di MotoGP

Fabio Quartararo

Melansir dari motorsport, disebutkan sirkuit MotoGP paling boros BBM adalah Red Bull Ring, Austria. Kemudian, diikuti oleh Lusail, Qatar dan Mugello, Italia.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tiga sirkut MotoGP tersebut dinilai boros bahan bakar. Alasannya, karena ketiga sirkuit memiliki trek lurus utama yang panjang, dengan kecepatan tertinggi mencapai lebih dari 300 km/jam. Trek juga memungkinkan duel antar pembalap lebih intens. Selain itu, cuaca trek bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. 

Sirkuit Redbull Ring

   Baca Juga: Aleix Espargaro Optimistis Bisa Tampil Baik di MotoGP 2023

Meski konsumsi bahan bakar di motor balap MotoGP belum bisa diketahui secara pasti, namun diasumsikan sesuai regulasi tangki MotoGP maksimum 22 liter. Jika dihitung dengan panjang sirkuit, maka rata-rata konsumsi BBM motor balap MotoGP adalah 1 liter untuk 5,5 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.