MotoGP Siapkan Aturan Baru untuk Tes Motor dan Jatah Ban

MotoGP Siapkan Aturan Baru untuk Tes Motor dan Jatah Ban
Kamis, 1 Juni 2023 10:15
Ruslan Abdul Gani

Penyelenggara MotoGP bakal menerapkan aturan terbaru mengenai tes motor dan jatah ban masing-masing tim. Regulasi ini rencananya akan diterapkan dan berlaku jelang musim 2024.

Melansir dari Speedweek, seiring jumlah seri MotoGP yang bertambah setiap tahunnya, jumlah hari yang digunakan untuk tes resmi akan dikurangi.

   Baca Juga: Ini Alasan Yamaha Belum Kembangkan Mesin Baru di Motor MotoGP 2023

Cal Crutchlow

Para pembalap nantinya hanya diizinkan melakukan tes Valencia, Spanyol satu hari setelah final Kejuaraan Dunia. Kemudian, untuk tes pramusim direncanakan tiga hari di Sepang, Malaysia, diikuti tes dua hari (2023 di Portimao, Portugal dan 2024 di Doha, Qatar). Sedangkan, untuk tes 2024 akan ada tiga hari tes lagi.

Selain itu, tes privat yang sering dilakukan pembalap penguji masing-masing pabrikan juga lebih diperketat. Para test rider seperti Michele Pirro (Ducati), Cal Crutchlow (Yamaha), Stefan Bradl (Honda), Lorenzo Savadori (Aprilia), dan Dani Pedrosa serta Jonas Folger (KTM) tidak diperbolehkan melakukan tes sesuka hatinya lagi.

Soalnya, musim depan test rider hanya diperbolehkan melakukan tes di tiga sirkuit saja selama satu musim. Lalu, test rider diizinkan untuk melakukan tes sebelum tanggal balapan, tetapi tidak boleh kurang dari dua pekan sebelum Grand Prix digelar.

ban motogp

   Baca Juga: Rossi Sebut 3 Musuh Terberatnya di MotoGP, Termasuk Marc Marquez?

Kemudian, mengenai aturan ban atau jatah penggunaan ban akan dikurangi dari musim sebelumnya. Pada musim 2024, tiap tim tes hanya diperbolehkan menggunakan 200 ban saja selama satu musim. Angka tersebut berkurang dari 240 ban, yang diberikan Michelin pada musim 2023.

Tapi untuk pembalap wildcard tetap akan mendapat 22 ban slick seperti pembalap reguler lainnya. Lalu, untuk tes resmi di Sepang dan Lusail, pembalap reguler hanya diberi 20 ban slick, ditambah dua ban eksperimen.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.