Cek Rem Hadapi Hujan, Servis Komponen Hidraulis

Cek Rem Hadapi Hujan, Servis Komponen Hidraulis
Rabu, 25 November 2015 12:35
Ilham Pratama

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, rem merupakan salah satu peranti keselamatan yang krusial dan wajib dijaga kualitas kerjanya. Sayangnya, masalah tuas rem cakram bagel atau keras sering kali diabaikan oleh pengguna motor. Padahal rem penting buat mengurangi laju motor, kan. Nah, dari pada kenapa-kenapa di jalan, lebih baik kenali gejalanya yuk.

Pertama, kenali dulu penyebabnya. “Ada beberapa penyebab rem depan bagel atau keras. Bisa karena kotoran minyak rem,” buka Kamso dari Kamso Motor di Jalan Raya Bogor Km 28, Cibubur, Jaktim. Padahal sebenarnya solusi untuk gejala ini cukup simpel, membersihkan peranti hidraulis rem.

Karena rem bagel disebabkan saluran minyak rem yang tersumbat kotoran, solusinya tinggal dibersihkan saja. Kotorannya biasanya berupa kerak dari minyak oli yang sudah lama. Ini bisa diatasi dengan cara menguras minyak rem dan membersihkan keraknya. Jadi, memang selayaknya peranti hidraulis dibersihkan secara rutin. Setelah dibersihkan, juga diganti minyak remnya agar kondisinya tetap prima.

Jika dibiarkan, bisa saja gejala bagel tadi merembet lebih jauh, rem bisa ngeblong. "Diantaranya sil master rem yang rusak karena usia dan pemakaian, Atau yang paling umum, masuknya udara dalam saluran minyak rem," tambah Kamso.

Membedakan gejala kerusakan keduanya cukup mudah. Jika gejala tuas rem ngempos tanpa disertai kebocoran, kemungkinan masuk angin. Cirinya, rem terkadang mengisi, kadang blong. Biasanya rem perlu dikocok berulang kali supaya bisa pakem kembali.

Gejala itu bisa diatasi dengan membuang 'angin palsu' tersebut. Ini bisa dikerjakan sendiri kok. Kocok tuas rem beberapa kali, lalu tahan. Kemudian buka sedikit baut nepel pembuangan angin di kaliper sampai ada sedikit minyak rem keluar. Segera kencangkan kembali baut nepel. Lakukan proses ini sampai rem tidak nyeplos.

Nah, kondisi paling parah kalau sil rem bocor, biasanya ada minyak rem yang keluar dari kaliper atau master rem atas. Hal ini disebabkan sil rem yang rusak. Solusinya hanya satu, yakni ganti master atau kaliper rem. Karena sil master rem memang tidak dijual terpisah. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.