Langkah Alternatif Darurat Saat Paking Mesin Minta Ganti

Langkah Alternatif Darurat Saat Paking Mesin Minta Ganti
Senin, 16 November 2015 17:05
Ilham Pratama

Meski piranti ini sepele dan terkadang diremehkan, namun gasket atau paking punya peran penting di mesin motor. Sebab, paking berfungsi untuk merekatkan dua bagian mesin agar tidak terjadi kebocoran. Bayangkan kalau paking lupa dipasang, atau sobek selepas bongkar mesin. Pasti berbahaya, karena bisa terjadi kebocoran oli dari mesin.

Paking punya biasanya terbuat dari plat dan kertas. Versi plat paling awet dan tidak mudah rusak. Sementara paking kertas jadi versi paling rawan sobek saat dilepas.

Dan celakanya, kalau paking mesin mita diganti saat genting, seperti libur lebaran, atau tahun baru di mana bengkel banyak yang masih tutup. Tapi nggak perlu cemas, karena ternyata banyak langkah alternatif yang bisa dipilih untuk saat darurat.

Seperti diungkapkan Kamso dari Kamso Motor di Cibubur. Menurutnya, jika kondisi darurat, paking mesin berbahan kertas bisa diganti dengan bahan karton.

"Bahan yang bagus, pakai jenis karton duplex yang biasa dipakai sebagai kartu undangan. Atau bisa juga pakai karton untuk boks nasi kotak. Bahan tersebut lebih kuat ketimbang karton folio yang dijual di toko kertas. Setidaknya bisa tahan lebih dari dua pekan," urainya.

Pria yang buka bengkel di Jalan Raya Bogor Km 28, Jakarta Timur ini mengatakan jika pembuatannya sangat mudah. Untuk membuat pola bisa digambar dengan menggunakan pulpen atau pensil. Lalu potong karton sesuai bentuk mal.

Sementara untuk paking plat, bisa diakali dengan mengoleskan sealer, atau cat kental, seperti cat kay, atau cat besi. "Cara pasangnya cukup mudah. Pertama, lepas blok mesin. Kemudian copot packing dan olesi sealer atau cat. Pasang kembali blok mesin. Masalah oli rembes akan beres," pungkasnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.