Pelaku Industri Modifikasi: Tilang Rp 24 Juta Masih Butuh Kejelasan

Pelaku Industri Modifikasi: Tilang Rp 24 Juta Masih Butuh Kejelasan
Kamis, 10 Desember 2015 07:25
Ilham Pratama

Kabar mengenai denda tilang motor modifikasi yang mencapai Rp 24 juta dirasa meresahkan, terutama bagi kalangan pelaku industri modifikasi. Mereka ramai-ramai protes dan menyebut peraturan tersebut mengekang kreativitas.

Seperti diungkapkan Dedi Indra owner bengkel Rocket Fantasy Garage, Surabaya. "Saya sih kurang setuju sama peraturan itu. Apalagi modifikasi dikatakan sebuah kejahatan. Apa kekurangan penjahat atau gimana, sampai mau ngasih sanksi segitu banyak buat para "penjahat" kecil modifikasi? Itu sama saja membunuh kreatifitas," keluhnya.

Hal senada dikatakan Wisnu dari Rakyat Sinting Matic Shop. "Tentu nggak setuju. Kita modif pakai duit sendiri, bukan uang negara. Motornya juga resmi, ada STNK dan BPKB. Kita modifikasi buat nyalurin kreativitas dan kepuasan batin. Lebih baik, negara ngurusin yang lain ketimbang tilang modifikasi," ucap pemilik bengkel di kawasan Pejaten, Jaksel ini.

Namun dirinya mendukung peraturan tersebut, apabila modifikasi yang dilakukan sudah berlebihan dan mengganggu keselamatan berkendara. "Kayak skuter yang dibikin mirip rumah, atau ban banyak. Itu kan tidak safety," jelasnya.

Indrawan Indra Wijaya, produsen knalpot WRX mengimbuhkan jika peraturan ini mengada-ada. Dan bahayanya, dampak peraturan ini bisa meluas dan mematikan industri modifikasi Tanah Air yang rata-rata adalah kelompok kecil dan menengah. "Harus ada kejelasan mengenai apa yang dimaksud dengan pelanggaran. Kalau asal tindak, industri ini bisa suram," cetusnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.