Bagaimana Pengendara Motor Harus Menyikapi Hujan Lebat?

Bagaimana Pengendara Motor Harus Menyikapi Hujan Lebat?

 

Hujan tentunya menjadi kendala yang sangat serius bagi semua pengendara motor. Bukan saja dapat membuat basah pakaian pengendara, hujan juga dapat mengakibatkan berbagai kejadian fatal. Apalagi hujan yang sangat deras yang membuat pandangan pengendara motor berkurang.

Jusri Pulubuhu selaku pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan soal keamanan berkendara dapat diukur secara umum dan spesifik individu pengendara. Menurutnya secara umum hujan yang lebat dapat mengakibatkan penurunan visibilitas pengendara. Sehingga sangat bahaya jika tetap dilakukan perjalanan menerjang hujan lebat.

   Baca Juga: Salah Kaprah, Ternyata Ban Tidak Bisa Kadaluarsa

"Kita katakan secara umum, pandangan mengalami penurunan secara visibilitas atau hujan yang sangat lebat. Maka logikanya kita harus segera menepi di tempat yang benar dan aman," ujar Jusri saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu.

Kolong Jembatan

 

Tempat pemberhentian atau tempat berteduh yang dipilih pengendara haruslah aman dan benar. Menurut Jusri saat ini banyak pengendara yang asal berhenti ditempat teduh, padahal tempat tersebut bukan tempat berteduh yang benar.

   Baca Juga: Cara Mengetahui Kondisi Ban yang Masih Bisa Dipakai di Musim Hujan

"Karena banyak kejadian tempat berteduhnya benar tetapi tidak aman, jadi yang bagus adalah benar dan aman. Bukan di bawah jembatan penyebrangan, bukan di bawah flyover yang mengokupansi badan jalan yang ada," lanjut Jusri.

Memang jika diperhatikan pengendara motor kerap menggunakan kolong fly over, kolong jalan tol, dan kolong jembatan penyebrangan sebagai tempat berteduh. Jusri pun sangat menekankan kesalahan yang kerap dilakukan para pengendara ini.

"Jadi ketika ada badai, defisiensi visibilitas yang tinggi harus segera berteduh. Berteduhnya sering jadi masalah, kalau berada di tempat yang tidak benar dan tidak aman," tutupnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id