Cara Mengetahui Kondisi Ban yang Masih Bisa Dipakai di Musim Hujan

Cara Mengetahui Kondisi Ban yang Masih Bisa Dipakai di Musim Hujan
Sabtu, 16 November 2019 10:00
Brian

Musim hujan memang perlu menjadi perhatian bagi para pengendara sepeda motor. Jalanan yang basah dapat berpengaruh pada cengkraman ban terhadap aspal. Agar bisa mendapatkan cengkraman maksimal terhadap aspal, tentunya kelayakan kondisi ban perlu diketahui.

Dodi Yanto selaku Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk memberikan sejumlah tips untuk mengetahui kondisi ban yang masih bisa dipakai saat hujan. Sehingga pemilik motor dapat mengecek kelayakan ban terlebih dahulu sebelum membeli yang baru. Menurutnya pemilik motor harus melihat Thread Wire Indicator (TWI) terlebih dulu.

   Baca Juga: Jangan Sampai Tak Punya Cairan Semprot Jenis ini di Rumah

"Pertama lihat batas aman pemakaian ban, kan ada titik TWI. Kalau sudah sampai di titik nongol itu perlu diganti," ujar Dodi saat ditemui di Karawang, Kamis (14/11).

Irc ecotrax rmc830

 

Dirinya menjelaskan titik TWI tersebut dapat memberikan informasi soal gulir pembuangan air dari ban. Jika sudah mencapai titik yang disebutkan, maka pembuangan air dari ban tidak bekerja secara maksimal. Sehingga pemilik motor disarankan membeli ban yang baru agar aman saat berkendara dibawah guyuran hujan.

   Baca Juga: Tips Merawat Hand Tools Agar Lebih Tahan Lama

Dodi pun menyarankan agar tidak asal mengganti ban saat musim hujan. Menurutnya bila mengganti ban untuk musim hujan, disarankan mengganti dengan ukuran tapak yang lebih lebar. Minimal memiliki ukuran yang sama dengan yang sebelumnya telah digunakan.

"Lebih baik lebih besar, jangan yang kecil karena kontak areanya kecil. Lebar ban memperhitungkan lebar pelek juga. Satu step lebih besar kami anjurin, kalau bisa ukuran sama. Kalau lebih besar lagi mesti cek pelek cocok atau engga?," jelas Dodi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.