Motor Harian Mau Pakai Ban Balap? Perhatikan Hal ini

Motor Harian Mau Pakai Ban Balap? Perhatikan Hal ini

Memasuki musim hujan, para pengendara sepeda motor tentunya harus ekstra hati-hati ketika melintasi jalanan basah. Terutama para pengguna ban berspesifikasi sport yang digunakan secara harian. Tentunya ban berspesifikasi sport memiliki guliran yang lebih sedikit daripada ban pada umumnya.

Dodi Yanto selaku Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, kepada pengguna ban balap untuk harian untuk memperhatikan tekanan angin. Pasalnya ban balap yang memiliki kelemahan pada jalan yang basah. Sehingga pada musim hujan direkomendasikan agar tekanan angin pada ban balap untuk dikurangkan.

   Baca Juga: Perhatikan Riding Gear Ketika Berkendara Saat Hujan

"Saran kami pressure di awal 18 psi dikurangkan satu atau dua bar. Jadi 18 psi dikurangin jadi 17 atau 16 psi," ujar Dodi saat ditemui di Karawang, Kamis (14/11).

Irc ecotrax rmc830

 

Dodi menyebutkan, tekanan angin yang lebih kecil akan menghasilkan permukaan ban yang lebih lebar saat menyentuh aspal. Sehingga guliran pada ban sport dapat mengalirkan air dengan lebih baik lagi. Dengan air yang mudah keluar dari permukaan ban akan membuat motor lebih mudah dikendalikan.

   Baca Juga: Rutin Cek Kondisi Rantai Ketika Musim Hujan

Sedangkan untuk jenis ban yang banyak digunakan pada motor skutik ataupun bebek memiliki spesifikasi untuk digunakan secara harian. Sehingga soal tekanan angin ketika hujan tidak terlalu berdampak signifikan. "Untuk ban motor harian engga perlu mengurangi tekanan angin, karena sudah banyak buangan airnya," tutup Dodi.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id