Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan
Rabu, 13 November 2019 06:00
Brian

Memasuki musim hujan tentunya para pengguna sepeda motor tidak dapat menganggap sepele hal ini. Pengguna sepeda motor harus mempersiapkan berbagai hal ketika menggunakan motor di musim hujan. Salah satunya adalah mengetahui cara merawatnya, karena banyak komponen motor yang terkena langsung air hujan.

Menurut Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere mengatakan terdapat setidaknya 10 bagian motor yang perlu diperhatikan. Bagian yang perlu diperhatikan antara lainnya adalah ban, rantai, kanvas rem, dan busi. Wahyudi pun memberikan sejumlah tips untuk merawat bagian-bagian motor itu.

"Pertama upayakan mencuci motor setelah diguyur air hujan. Karena air hujan mengandung zat asam yang berpotensi mengurangi kilau pada cat. Jika tidak ada waktu dapat dilakukan dengan menyiram air bersih pada motor untuk melunturkan zat asam," ujar Wahyudi ketika dihubungi OtoRider, Selasa (12/11).

Ilustrasi Cuci Motor

 

Dirinya melanjutkan dengan pemeriksaan ban pada motor kesayangan. Menurutnya tekanan udara yang kurang dalam ban dapat berpengaruh ketika melintasi genangan air. Akhirnya membuat motor menjadi lebih berat ataupun mempertipis permukaan ban.

   Baca Juga: Ingat! Motor Dilarang Berteduh di Bawah Flyover Saat Hujan

Berikutnya adalah bagian rantai, sifat keasaman hujan dapat menimbulkan karat pada rantai motor. Rantai merupakan bagian dari motor yang cukup penting dan memiliki posisi terbuka. Sehingga sangat rentan terhadap kerusakan dari air hujan. Cara mengatasinya cukup dengan melumasinya dengan chain lube, kemudian kencangkan setelan rantai.

Selanjutnya Wahyudi menjelaskan sistem pengereman juga perlu dirawat ketika musim hujan. Kanvas rem saat terkena air hujan akan menggelembung dan mengeras pada saat kering. Selain itu kanvas rem yang basah sering kali menghasilkan bunyi berdecit yang mengganggu. Oleh karenanya, setelah motor dicuci sebaiknya pedal rem sering-sering digunakan hingga kekerasan dan bunyi berdecit hilang.

rantai

 

"Bagian rem cakram juga sebaiknya dibersihkan. Karena bagian piringan cakram itu merupakan komponen motor yang terbuka. Sehingga saat melibas genangan air, kotoran akan sangat mudah menempel di bagian tersebut," jelas Wahyudi.

   Baca Juga: Hal-hal ini Memaksa Kita Tak Bisa Ngebut

Terakhir, pada saat musim hujan bagian busi motor juga perlu menjadi perhatian pemiliknya. Wahyudi menjelaskan ada baiknya membersihkan busi motor dengan mencabut karet busi lalu ditiup atau dibersihkan dengan lap. Begitu juga dengan kabel dan businya. "Karena jika busi motor basah kan menghambat pengapian motor pas dinyalakan," ujar Wahyudi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.