Fungsi dan Cara Kerja Slang Radiator

Sabtu, 28 Desember 2019 11:00
Thio Pahlevi

Mau tahu fungsi dan cara kerja slang radiator? Simak ulasannya berikut ini!

Fungsi dan Cara Kerja Slang Radiator

Sistem pendinginan mesin tak hanya melalui pendingin udara, namun juga tersedia pendingin cairan. Sistem pendingin cairan sendiri dapat bekerja optimal dengan adanya beberapa komponen, salah satu yang cukup penting adalah slang radiator.

Slang radiator umumnya berbahan karet dan berfungsi untuk mengalirkan cairan pendingin atau water coolant demi menjaga suhu mesin tetap stabil. Selain itu, komponen ini juga bisa mencegah mesin mengalami overheat.

   Baca Juga: Pakai Lampu Hazard Saat Turing atau Konvoi. Dibenarkan atau Tidak?

"Fungsinya mengalirkan water coolant yang mengarah ke water pump, kemudian diarahkan ke mesin. Jadi, fungsi utamanya sebenarnya hanya menghubungkan antara radiator dan mesin. Agar mesin tidak terlalu panas,” kata Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki Fatmawati, Jakarta Selatan pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ilustrasi selang radiator

Lalu, bagaimana cara kerja slang radiator ini? Umumnya, di bagian radiator terdapat dua buah selang yang terpisah. Keduanya ternyata memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

   Baca Juga: Terungkap! Ini Biaya yang Dikeluarkan Tim MotoGP Jika Motornya Terjatuh

Pada slang yang mengarah ke radiator akan mengalirkan cairan pendingin ke water pump. Sementara itu, slang lainnya menjadi penghubung antara mesin dan water pump.

“Biasanya ada dua slang. Slang pertama dari radiator ke water pump, kemudian slang kedua mengalirkan dari water pump ke mesin,” jelas pria yang akrab disapa Edoy ini.

Edoy menambahkan, water pump akan menghisap cairan pendingin ke dalam mesin lalu mengeluarkan kembali ke radiator. Ketika cairan pendingin di dalam mesin sudah mulai naik suhu panasnya, maka otomatis water pump mengalirkan menuju ke kisi radiator.

"Sementara itu, cairan yang sudah dingin di dalam radiator akan dihisap dan dimasukkan ke dalam ruang mesin untuk proses pendinginan kembali," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.