Jangan Lumasi Rantai Pakai Cairan ini

Jangan Lumasi Rantai Pakai Cairan ini
Kamis, 14 November 2019 08:00
Brian

Rantai memang harus menjadi perhatian bagi setiap para pemilik motor. Terutama ketika musim hujan melanda, rantai harus rajin dilumasi agar tetap prima. Namun terdapat cairan yang harus dihindari pemilik motor untuk melumasi rantai.

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere mengatakan pelumasan rantai jangan menggunakan oli bekas. Menurutnya oli bekas memiliki kandungan kotoran dari dalam mesin. Sehingga kotoran tersebut justru mempercepat keausan komponen rantai dan gear.

   Baca Juga: Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

"Pelumasan bisa pakai oli, tetapi jangan oli bekas. Karena ada material-material yang bisa merusak. Di rantai itu ada shield-nya, jadi bisa lebih cepat panas dan mengeras. Sehingga kotoran jadi berkumpul," ujar Wahyudi saat dihubungi OtoRider.

Rexco 50

 

Wahyudi pun menyarankan pemilik motor selalu memeriksa kondisi rantai motor, terutama ketika musim hujan. Mengingat rantai motor merupakan komponen terpenting yang mudah terpapar kotoran. Jika salah satu komponen sudah tidak layak pakai, Wahyudi pun menyarankan mengganti satu set dengan gear-nya.

   Baca Juga: Rutin Cek Kondisi Rantai Ketika Musim Hujan

"Ganti rantai saja bisa, tetapi kalau ingin sempurna harus satu set dengan gear depan dan belakang. Karena kalau ganti rantainya saja, gear-nya itu biasanya sudah aus geriginya," jelas Wahyudi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.