Rutin Cek Kondisi Rantai Ketika Musim Hujan

Rutin Cek Kondisi Rantai Ketika Musim Hujan

Memasuki musim hujan, sebaiknya pengendara motor harap berhati-hati ketika berkendara menerjang hujan. Tetapi bukan hati-hati ketika berkendara saja, sejumlah part pada sepeda motor kerap dijaga secara rutin agar tidak rusak. Salah satunya mengecek kondisi rantai ketika musim hujan.

Rantai menjadi salah satu komponen penggerak terpenting pada sebuah sepeda motor. Tanpa musim kemarau pun, rantai kerap dilumasi agar performa motor tetap prima. Jika musim hujan, rantai membutuhkan perhatian ekstra dari sang pemilik motor.

   Baca Juga: Tips Merawat Hand Tools Agar Lebih Tahan Lama

Saat musim hujan, rantai motor akan lebih cepat kering karena tersapu air hujan. Selain itu, air hujan yang bersifat asam juga mempercepat proses korosi yang mampu menimbulkan karat.

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere mengatakan rantai yang kering akan lebih menegang. Hal ini mengakibatkan gerak rantai tidak bebas karena gaya geseknya lebih besar. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja mengakibatkan performa motor yang tidak normal dan tidak nyaman.

Chainlube melumas rantai motor

 

"Selain hujan, kondisi gesekan dengan gear lama-lama akan menyebabkan rantai kering dan tegang. Saat membawa beban berlebihan itu bisa putus karena rantai tegang dan kering. Tarikannya juga jadi berat," ujar Wahyudi ketika dihubungi OtoRider.

Wahyudi mengatakan rantai motor yang kering dan tegang sebaiknya langsung dibersihkan, disetel ulang, dan diberi pelumas. Dirinya pun menyarankan pembersihan dilakukan menggunakan solar yang mampu menghilangkan korosi.

   Baca Juga: Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

"Sebaiknya dibersihkan, lebih baik dibersihkan pakai solar, karena solar cenderung lembut. Kalau bensin bisa juga, tapi cenderung bisa merusak lapisan shield pada rantai jadi cepat aus," ujarnya.

Soal penyetelan rantai, Wahyudi menyebutkan harus diperhatikan sesuai standar bawaan pabrik. Dirinya menekankan agar rantai jangan sampai kering sehingga harus terus dilumasi.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id