Pahami Ciri-ciri Piston Motor Sudah Tidak Sehat

Pahami Ciri-ciri Piston Motor Sudah Tidak Sehat

Piston motor merupakan komponen paling penting dalam sebuah mesin. Piston yang sudah tidak sehat lagi tentunya membuat motor kesayangan tidak dapat digunakan secara maksimal. Apalagi kalau sampai rusak, biaya yang dikeluarkan untuk membetulkannya tidaklah mudah.

Dodo selaku pemilik bengkel umum AMS Motor yang berlokasi di Ciledug, Tangerang mengatakan ciri-ciri piston yang sudah mulai rusak terlihat saat motor dipanaskan. Jika pada pagi hari motor dipanaskan sudah terdapat asap berwarna putih, kemungkinan piston sudah mulai rusak.

   Baca Juga: Bengkel Ini Bisa Modif Mesin Standar Menjadi V-Twin Ala Harley-Davidson

"Kalau sudah keluar asap putih, berarti itu oli ikut terbakar. Karena piston tadi sudah mulai rusak sehingga oli ikut masuk ke ruang pembakaran. Kan di piston ada ring oli, ring kompresi, dan ring bakar, nah ring olinya itu sudah mulai ngempos," ujar Dodo saat ditanyai OtoRider, di Tangerang, Kamis (29/8).

Suzuki RM-Z250 2016 Piston

 

Selain itu, Dodo menjelaskan jika dibiarkan terlalu lama tentunya dapat membuat piston menjadi mengunci. Awal mula piston yang mengunci ini dapat dirasakan ketika menurunkan kecepatan sepeda motor. Saat hendak berhenti motor justru terasa kehilangan tenaga lalu mati.

"Kalau itu dibiarkan terus menerus, piston akan terkunci karena oli sudah habis terbakar. Kan di piston ada pen sehr itu otomatis butuh pelumas juga. Oli sudah habis terbakar semua jadinya piston ngunci," pungkasnya.

   Baca Juga: Tidak Perlu ke Bengkel, Ini Cara Mudah Atasi Brebet pada Karburator Motor

Pria yang sudah berkecimpung dalam usaha bengkel selama 20 tahun itu menyarankan untuk melakukan servis ringan secara rutin dan servis besar untuk motor yang sudah memiliki usia yang lama untuk memastikan hal ini tidak terjadi. Jika terdapat asap putih ketika dipanaskan, harap segera mengganti komponen piston agar motor dapat terus digunakan.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id