Ternyata Helm Memiliki Masa Kadaluarsa. Berapa Lama?

Ternyata Helm Memiliki Masa Kadaluarsa. Berapa Lama?
Minggu, 29 Desember 2019 13:00
Thio Pahlevi

Helm memiliki peran vital dalam menjaga keamanan pengendara motor ketika terjadi kecelakaan. Selain itu, helm juga bisa meminimalisir risiko cedera parah akibat terjatuh atau terjadi benturan.

Akan tetapi, ternyata helm memiliki rekomendasi masa pakai ideal. Hal ini dikarenakan helm akan mengalami perubahan konstruksi seiring berjalannya waktu atau pemakaian.

   Baca Juga: Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?

Jika sudah digunakan dalam waktu lama, sebaiknya helm segera diganti. Meskipun helm tersebut belum mengalami crash.

Nah, berapa lama sebenarnya masa pemakaian helm itu sendiri? Winaldi selaku Sales Prime Gears yang merupakan distributor resmi helm Arai di Indonesia memberikan penjelasannya. Sesuai rekomendasi, pemakaian helm itu harus diganti tiap 5 tahun.

Prime Gears/ Helm Arai

"Sebenarnya untuk helm premium hampir semuanya tiap 5 tahun harus ganti. Tidak crash pun sebenarnya harus ganti. Rekomendasi masa pakainya hanya 5 tahun," kata Winaldi,  saat ditemui OtoRider di Bintaro, Jakarta Selatan (27/12).

   Baca Juga: Begini Jadinya Kalau Yamaha NMax Dibuat Modifikasi Custom

Mengapa penggantian helm harus dilakukan tiap 5 tahun?

"Karena setelah 5 tahun, kekuatan batok helm atau shell akan berkurang. Selain itu, busa helm juga lama-kelamaan akan mengempis seiring pemakaian. 5 tahun ke atas itu risikonya lebih tinggi," jelas Winaldi.

Tentunya agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pengendara harus memastikan perangkat safety gear telah lengkap. Selain lengkap, pengendara harus mewaspadai umur helm yang masih ideal. Karena jika melewati masa 5 tahun dan tidak diganti, tidak menutup kemungkinan helm tidak dapat melindungi kepala pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.