Tips Memilih Helm yang Cocok dengan Ukuran Kepala

Tips Memilih Helm yang Cocok dengan Ukuran Kepala
Kamis, 26 Desember 2019 08:00
Brian

Helm merupakan perangkat paling penting ketika berkendara mengugnakan sepeda motor. Tanpa menggunakan helm, kepala bisa-bisa tidak terlindungi dan membahayakan nyawa. Membeli helm pun harus sesuai dengan kepala agar nyaman digunakan dan tidak mengganggu konsentrasi berkendara.

Bagaimana caranya memilih helm yang pas dan sesuai dengan kepala?

Kasim selaku anggota dari Komunitas Belajar Helm mengatakan pembeli harus mengenal bahan dari helm yang akan dibeli. Menurutnya dengan mengenal bahan, pengendara dapat membandingkan harga dengan beberapa brand lain.

   Baca Juga: Kesalahan Pengisian Volume Oli Mesin Motor Bisa Berakibat Fatal

"Kedua susaikan dengan kebutuhan pengendara, apabila penggunaan sehari-hari hanya di kecepatan 60 km/jam helm half face saja sudah cukup. Tetapi kalau mau nyoban tenaga motor, wajib pakai helm full face," ujar Kasim beberapa waktu lalu.

RSV Helmet

 

Cara ketiga menurut Kasim adalah dengan mengukur lingkar kepala. Pengukuran dengan menarik garis lurus dari bagian dahi yang diukur hingga belakang kepala. Dengan demikian dapat mengethui angka ukuran dan disesuaikan dengan helm.

   Baca Juga: Tips Mudah Merawat Helm Agar Tidak Cepat Rusak

"Kalau ukuran helm pas, dipakainya enak, engga kekencengan juga engga kekendoran. Misalnya saat diukur 57 cm, berarti ukuran M," ujarnya.

Menurut Kasim, ukuran helm yang kurang pas dapat berpengaruh ke faktor keamanan berkendara. Helm yang terlalu sempit dapat membuat kepala sakit dan pusing. Sedangkan helm yang terlalu longgar akan membuatnya mudah goyang ketika terhembus angin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.