Tips Menjaga Cat Motor Tidak Kusam dan Tetap Kinclong

Tips Menjaga Cat Motor Tidak Kusam dan Tetap Kinclong
Senin, 30 Desember 2019 14:00
Thio Pahlevi

Seiring pemakaian tentunya kondisi cat motor akan menjadi kusam jika tak dirawat dengan baik. Namun, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga cat motor tetap kinclong sepeti baru.

Agar tetap terlihat mengkilap, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti cara mencuci misalnya. Iwan Gunawan selaku Koordinator Area Painting Yamaha Mekar Motor memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Gunakan Tear-Off di Helm untuk Berkendara Harian. Apa Efeknya?

"Pertama cuci pakai air yang bersih. Biasanya kan cuci motor itu di tempat pencucian motor. Lebih baik di rumah dibilas lagi. Karena yang bahaya itu sabunnya, enggak tahu mereka pakai sabun apa," kata Iwan saat ditemui OtoRider di Bintaro, Jakarta Selatan (27/12).

Iwan menambahkan, penggunaan sabun yang memiliki kandungan deterjen keras dapat menyebabkan cat menjadi kusam. Selain itu, sebaiknya hanya gunakan air saja untuk mencuci bagian bodi motor.

Yamaha NMax

 

"Kedua, kalau untuk cuci sendiri di rumah, untuk bodi itu lebih baik cukup pakai air saja. Jangan pakai sabun. Kecuali memang kalau pakai sabun yang khusus untuk bodi motor. Jadi, jangan pakai sabun colek misalnya, karena dia itu panas. Kalau kena bodi itu suka menimbulkan noda," jelas Iwan. 

   Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Yamaha NMax Lama Dapat Diskon

Penggunaan sabun, baru boleh digunakan hanya untuk membersihkan bagian kaki-kaki motor saja. Karena menurut Iwan, cat pada bagian kaki-kaki lebih tahan pada sabun dibandingkan dengan cat pada bodi motor. 

Tak hanya itu, lanjut Iwan, motor yang habis kehujanan juga perlu dibilas. Hal ini diperlukan untuk mencegah timbulnya noda air hujan pada bodi motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.