Waspadai Hal Berikut yang Dapat Merusak ECU Pada Motor Injeksi

Waspadai Hal Berikut yang Dapat Merusak ECU Pada Motor Injeksi
Jumat, 25 Oktober 2019 18:00
Brian

Pada motor injeksi pastinya terdapat sebuah modul yang mengatur ketepatan aliran bensin ke mesin motor. Modul tersebut adalah ECU alias Electronic Control Unit. Oleh karenanya ECU merupakan komponen terpenting dalam suatu sistem motor injeksi.

Tentunya sebagai komponen sepeda motor, ECU juga bisa rusak. Pasalnya kerusakan ECU bisa disebabkan hal-hal yang cukup sepele. Freddy A Gautama selaku owner Ultra Speed Racing mengatakan biasanya kerusakan pada ECU disebabkan oleh kelistrikan. Kelistrikan yang tidak benar atau adanya kabel yang rusak ternyata dapat menyebabkan rusaknya ECU.

   Baca Juga: Vespa dan Honda Vario Baru Gunakan ECU ini Agar Lebih Bertenaga

"Seperti motong kabel atau main di lampu-lampu nah itu kadang kalau mekaniknya kurang teliti bisa rusak. Salah pasang aki, aki-nya terbalik juga rusak. Saya sudah ngalamin juga salah pasang aki terus rusak," ujar Freddy saat ditanya OtoRider di Gading Serpong, Tangerang, Kamis (24/10).

ECU aRacer RC Mini 5

 

Menurut Freddy kerusakan tersebut disebabkan karena adanya arus pendek plus ke arah sasis. Arus pendek tersebut bisa memutus arus yang membuat kaget tegangan pada ECU. Jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan beberapa fitur dalam ECU tidak bekerja secara maksimal.

   Baca Juga: Ultra Speed Racing Buka Bengkel Baru di Gading Serpong

"Kabel ada yang kepotong terus nempel ke ground itu juga bisa rusak. Sebenernya yang namanya elektronik kalau kebalik pasti rusak aja," ujar Freddy. Dirinya melanjutkan ECU baik yang standar atau yang telah dimodifikasi tidak akan terkena masalah ketika daya pada aki turun. Sehingga tidak perlu khawatir ECU akan rusak ketika umur aki telah usang dan tidak memiliki daya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.