Aki Cepat Soak? Jangan Dulu Beli Baru, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Aki Cepat Soak? Jangan Dulu Beli Baru, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Minggu, 10 Mei 2020 11:00
Thio Pahlevi

Aki menjadi salah satu komponen penting pada motor bermesin injeksi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu menjaga kinerja aki agar tetap optimal. Sehingga, motor terhindar dari risiko mengalami mogok saat digunakan.

Lalu, bagaimana jika aki mengalami soak? Apakah perlu segera menggantinya dengan yang baru?

   Baca Juga: Alex Marquez Hampir Gabung Petronas Yamaha, Mengapa Gagal?

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan penjelasnnya. Menurutnya, aki yang soak bukan berarti harus menggantinya dengan yang baru.

Ilustrasi Aki

Endro menambahkan, tak hanya aki yang perlu diperiksa, namun cek juga sistem pengisian daya listriknya. Pastikan sistem pengisian tersebut bekerja dengan baik sehingga bisa mengoptimalkan usia pakai aki itu sendiri.

"Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki," jelas Endro dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

   Baca Juga: Kilas Sejarah Kawasaki Ninja di Indonesia

Kondisi kelistrikan menjadi sesuatu hal yang perlu diperiksa secara rutin. Hal ini dikarenakan beberapa motor keluaran terbaru sangat mengandalkan aki dan kelistrikan agar tetap bisa menyala.

Ditambah lagi, kebanyakan motor saat ini hanya mengandalkan electric starter untuk menyalakan motor, tanpa dilengkapi dengan kick starter. Jadi, performa aki yang maksimal tentunya akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.