Aki Cepat Soak? Jangan Dulu Beli Baru, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Aki Cepat Soak? Jangan Dulu Beli Baru, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Aki menjadi salah satu komponen penting pada motor bermesin injeksi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu menjaga kinerja aki agar tetap optimal. Sehingga, motor terhindar dari risiko mengalami mogok saat digunakan.

Lalu, bagaimana jika aki mengalami soak? Apakah perlu segera menggantinya dengan yang baru?

   Baca Juga: Alex Marquez Hampir Gabung Petronas Yamaha, Mengapa Gagal?

Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) pun memberikan penjelasnnya. Menurutnya, aki yang soak bukan berarti harus menggantinya dengan yang baru.

Ilustrasi Aki

Endro menambahkan, tak hanya aki yang perlu diperiksa, namun cek juga sistem pengisian daya listriknya. Pastikan sistem pengisian tersebut bekerja dengan baik sehingga bisa mengoptimalkan usia pakai aki itu sendiri.

"Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki," jelas Endro dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

   Baca Juga: Kilas Sejarah Kawasaki Ninja di Indonesia

Kondisi kelistrikan menjadi sesuatu hal yang perlu diperiksa secara rutin. Hal ini dikarenakan beberapa motor keluaran terbaru sangat mengandalkan aki dan kelistrikan agar tetap bisa menyala.

Ditambah lagi, kebanyakan motor saat ini hanya mengandalkan electric starter untuk menyalakan motor, tanpa dilengkapi dengan kick starter. Jadi, performa aki yang maksimal tentunya akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id