Baru Pasang Ban Baru, Bolehkan Motor Langsung Digeber?

Baru Pasang Ban Baru, Bolehkan Motor Langsung Digeber?

Penggantian ban motor tentu saja akan membuat daya cengkramnya kembali optimal dibandingkan menggunakan ban yang sudah aus. Oleh karena itu, sejumlah biker beranggapan bahwa ban baru tentu bisa langsung dicoba untuk melibas aspal.

Namun, benarkah anggapan tersebut? Bolehkah ban baru langsung digeber? Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Usung Konsep Sirkuit Jalanan, Mandalika Bisa Dilintasi Masayarakat Umum?

"Sebetulnya, ban yang bagus itu memang sudah dikondisikan bahwa dari mulai terpasang itu harus siap pakai. Karena memang kompon yang digunakan juga tidak seperti kompon di balap," jelas Bagus pada OtoRider di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

ban irc radial

 

Bagus menambahkan, jika pada ban balap, umumnya ban tersebut perlu dipanaskan untuk mencapai suhu tertentu sebelum digunakan. Namun, untuk ban harian, hal tersebut tidak diperlukan.

   Baca Juga: Berikut Cara Bedakan Oli Motul Asli dan Palsu

"Kalau kompon yang di ban harian itu memang lebih pada intermediate compound kalau saya boleh bilang. Sehingga memang dia diciptakan ya begitu dipakai ya harus sudah siap pakai," ujar Bagus.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id