Benarkah Ganti Knalpot Racing Bikin Motor Lebih Boros?

Benarkah Ganti Knalpot Racing Bikin Motor Lebih Boros?

Modifikasi sepeda motor saat ini merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan para pecinta roda dua. Salah satu bagian motor yang sering dan lebih dahulu di modifikasi biasanya adalah knalpot. Knalpot yang diubah menjadi lebih berisik biasanya dilakukan agar mendapatkan performa dan tampilan lebih racing.

Setiap ubahan pada knalpot biasanya banyak rumor mengenai konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros. Namun rumor ini jarang sekali bisa dijelaskan secara teknikal, lantas bagaimana kebenaran soal hal ini? Wawan selaku pemilik bengkel knalpot WRC memberikan tanggapannya.

   Baca Juga: Lampu LED Selalu Bikin Silau, Mitos Atau Fakta?

"Sebenarnya begini loh, untuk pemakaian knalpot racing kalau pemakainya biasa saja ya bensinnya sama. Tetapi kalau orang pakai knalpot racing, biasanya orang tangannya gatel. Jadinya pengen geber-geber terus, karena digeber bensinnya otomatis ya berbeda dengan aslinya," ujar Wawan kepada OtoRider beberapa hari lalu.

knalpot gsx

 

Dirinya pun menuturkan hal tersebut bisa dibilang mitos, karena pemborosan bahan bakar terjadi dari perilaku pengendara itu sendiri. Namun dirinya memang tidak memungkiri adanya sedikit keborosan pada pengguna knalpot racing. Akan tetapi keborosan bahan bakar menurut Wawan tidaklah signifikan.

   Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Hal Berikut Saat Bore Up Mesin

"Paling kalau lebih boros perbedaannya sedikit sekali lah. Kalau seumpamanya perilaku memakainya standar saja ya tetap saja konsumsi bahan bakarnya bisa irit," pungkas Wawan.

Bengkel knalpot WRC milik Wawan ini berpusat di Jl Tole iskandar, Sukmajaya, Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Bengkel ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Knalpot WRC ini pun sudah tersedia di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, termasuk di marketplace online.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id