Benarkah Ganti Knalpot Racing Menambah Tenaga Sepeda Motor?

Benarkah Ganti Knalpot Racing Menambah Tenaga Sepeda Motor?

Modifikasi knalpot kerap dilakukan oleh para pecinta roda dua. Biasanya knalpot merupakan bagian pertama yang mendapatkan modifikasi dari para pemiliknya. Karena selain menambah tampilan yang lebih sporty, knalpot racing disebut-sebut mampu menambah tenaga sepeda motor.

Wawan dari bengkel knalpot WRC di Depok menyebutkan hal tersebut benar adanya. Menurutnya knalpot racing memiliki jalur pembuangan yang tidak ada hambatan. Sehingga buangan dari mesin dapat dengan mudah keluar yang mengakibatkan motor terasa lebih bertenaga.

   Baca Juga: Benarkah Ganti Knalpot Racing Bikin Motor Lebih Boros?

"Pasti nambah, dari pembuangannya sih mas. Kan kalau kenalpot aslinya dia banyak yang menahan, sama banyak catalyst. Nah itu kalau kami bikin knalpot dia sudah lurus dan semuanya plong. Jadi engga ada hambatan dan bikin powernya lebih enak," ujar Wawan ketika ditemui OtoRider di Depok beberapa waktu lalu.

Knalpot WRC

 

Soal tambahan tenaga dari penggantian knalpot pun diketahui Wawan melalui hasil Dyno Test. Menurutnya dengan merubah knalpot racing, terutama knalpot yang dibuatnya, motor langsung memiliki kenaikan tenaga.

   Baca Juga: Kaca Spion Tidak Lengkap Bisa Kena Denda Ratusan Ribu!

"Ketahuannya itu dari hasil dyno test, naiknya seberapa itu ketahuan. Pemakaian ukuran pipanya juga engga asal, kalau terlalu besar spesifikasinya bukannya nambah lari tapi malah ngedrop tenaganya," lanjut Wawan.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id