Beragam Faktor dan Rumus Aman Berkendara Sepeda Motor

Beragam Faktor dan Rumus Aman Berkendara Sepeda Motor

Berkendara sepeda motor memang tidak bisa asal bisa saja, terdapat sejumlah faktor yang harus diketahui. Sehingga pengendara dapat mengendarai sepeda motornya dengan aman dan nyaman saat di jalan raya. Tim Safety Riding Promotion Dealer Honda Wahana Jakarta-Tangerang pun memberikan sejumlah tips dan trik-nya.

"Beragam faktor yang wajib diketahui mendasar oleh pengendara motor sehingga kenyamanan dan keamanan berkendara semakin peduli tentang keselamatan," ujar Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana.

Rumus Aman Berkendara Ala Honda

 

Standar Awal

Sebelum melakukan perjalanan, pengecekan sepeda motor harus dilakukan oleh pengendara. Di antaranya adalah tekanan angin, rem, hingga kelistrikan wajib dilakukan pengecekan. Selain pada motor, kondisi pegendara yang sehat dan baik juga menjadi faktor utama berkendara aman.

   Baca Juga: Nyalakan Motor Pakai Kick Starter Bikin Fitur Idling Stop System Tak Bekerja?

Saat berkendara, tidak perlu memaksakan diri untuk terus bergerak. Pengendara diharuskan istirahat dalam waktu interval 2 jam bermotor. Sehingga dapat memulihkan kebugaran tubuh dan lebih terkonsentrasi dalam melakukan perjalanan.

Peraturan berlalu lintas

Hukum lalu lintas menjadi kewajiban seluruh pengendara motor dan pengguna jalan lainnya. Peraturan dibuat demi terciptanya kondisi kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jalan. Sehingga siapkan surat kendaraan secara lengkap dan patuhi semua aturan yang berlaku.

Rumus Aman Berkendara Ala Honda

 

Kenali Motor

Beragam tipe motor dengan berbagai kapasitas mesin kini semakin banyak hadir di pasar otomotif. Agar dapat menguasai kendaraan dengan baik, kenalilah beragam karakter motor yang akan digunakan. Pengenalan ini dianggap penting terutama pada motor bermesin besar, mengingat terdapat teknik berbeda pada kubikasi mesin besar.

Rute

Selain faktor kendaraan dan manusia, kondisi rute, lingkungan, dan cuaca juga dapat berkontribusi pada kecelakaan. Menguasai motor harus seimbang dengan kondisi rute yang dilalui, pemilihan rute, pengaturan gas, hingga rem juga harus dipahami. Kondisi cuaca juga harus dipahami, mengingat panas dapat mengakibatkan dehidrasi dan hujan dapat membuat jalanan menjadi licin.

   Baca Juga: Awas! Ini Penyebab Fitur Eco Indicator Mengalami Kerusakan

Jaga Emosi

Tingkatan emosi, kesedihan, faktor kejiwaaan, dan psikologis turut andil pada keselamatan berkendara. Jangan libatkan perasaan marah saat berkendara karena dapat mengakibatkan tindakan yang merugikan pengendara lain. Hindari juga pengendara yang dapat mempengaruhi emosi Anda, sehingga sabar adalah kata kunci dalam berlalu lintas.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id