Awas! Ini Penyebab Fitur Eco Indicator Mengalami Kerusakan

Awas! Ini Penyebab Fitur Eco Indicator Mengalami Kerusakan

Fitur Eco Indicator saat ini banyak disematkan pada motor-motor keluaran terbaru, salah satunya adalah jajaran skutik Honda seperti BeAT atau Scoopy. Fitur ini sendiri memiliki fungsi sebagai indikator keiritan bahan bakar ketika berkendara.

   Baca Juga: Lebih Dekat dengan Joan Mir, Si Spesialis Tikungan Akhir

Saat motor berjalan, lampu indikator akan menyala sebagai tanda bahwa Anda memiliki gaya berkendara yang irit. Semakin terang lampu indikator, artinya penggunaan bahan bakar semakin irit. Lalu, apakah fitur ini bisa mengalami kerusakan?

Honda Genio Galeri

 

"Bisa rusak, penyebabnya bisa dari sensor speed yang juga rusak atau ECM (Engine Control Module) yang rusak," ucap Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Dijual Terpisah, Segini Harga Helm Vespa Racing Sixties Edisi Terbatas

Ribut menambahkan, agar tak mudah rusak, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat fitur eco indicator. Menurutnya, cara berkendara yang baik juga menentukan usia pakai fitur tersebut, salah satunya ketika mengatur bukaan gas.

"Pertama, pastikan kondisi aki selalu prima. Selanjutnya, atur bukaan gas dengan cara yang konstan atau stabil, tidak memainkan secara spontan," ujar Ribut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id