Berikut Cara Mudah Memilih Ukuran Helm

Berikut Cara Mudah Memilih Ukuran Helm

Helm merupakan peranti keselamatan seorang pengendara sepeda motor. Tanpa adanya helm, bagian kepala pengendara sangat rawat terbentur saat terjatuh. Selain itu, pilihan ukuran yang pas juga berpengaruh terhadap keselamatan pengendara.

Lantas bagaimana cara mudah memilih ukuran helm yang sesuai dengan kepala? Memang cara terbaik memilih helm adalah menggunakannya terlebih dahulu agar dapat dirasakan kesesuaian dengan kepala. Namun ada cara mudah untuk mengukurnya tanpa harus mencoba helm satu per satu.

   Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Asal Pakai Sabun Saat Mencuci Helm

"Mengukur helm itu yang paling simpel sebenarnya memakai meteran untuk baju. Jadi caranya dari titik tengah jidat kita itu dibuat melingkar ke arah kepala. Itu untuk mengukur ukuran lingkar kepala, biasanya kan kalau beli helm ada size chart nya tuh?," ujar Mexvico selaku anggota Komunitas Belajar Helm kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Helm Arai

 

Menurutnya cara tersebut dinilai efektif, karena telah sesuai dengan ukuran lingkar kepala. Diagram ukuran helm pun tidak akan berubah dan dipastikan sama pada semua merek.

   Baca Juga: Mumpung di Rumah, Berikut Tips Mencuci Busa Helm

"Kenapa ukurannya disitu, karena itu adalah ukuran kepala. Jadi saat menggunakan helm, rasanya seperti pakai topi saja. Makanya kalau pakai helm sempit, walaupun kepalanya amsuk pasti terasa sakit," ungkapnya.

Sedangkan soal bagian pipi, menurutnya terdapat beberapa produsen helm yang menyediakan modifikasinya. Sehingga busa di pipi bisa diganti sesuai kebutuhan pengendara.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id