Berikut Faktor Penyebab Kotornya Ruang Pembakaran Pada Mesin

Berikut Faktor Penyebab Kotornya Ruang Pembakaran Pada Mesin

Perawatan sepeda motor harus dilakukan oleh pemilik motor secara rutin. Biasanya perawatan sepeda motor dapat dilakukan dalam bermacam-macam bentuk, salah satunya adalah pembersihan ruang bakar. Ruang bakar yang kotor dapat menyebabkan performa motor tidak maksimal bahkan terasa tidak nyaman digunakan.

Lantas apa faktor penyebab kotornya ruang pembakaran pada mesin? Joddy Ario selaku pemilik JDM Project menjelaskan ruang pembakaran kotor karena ada kerak yang menumpuk. Kerak tersebut dihasilkan dari sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna.

   Baca Juga: Cara Merawat Cat Motor Agar Tidak Cepat Pudar

"Muncul kerak di ruang pembakaran itu ya karena sisa pembakaran yang tidak sempurna, akhirnya tertumpuk. Karena kenapa? pengapiannya jelek, pakai bensin yang jelek atau tidak sesuai dengan spesifikasinya," ujar Joddy kepada OtoRider beberapa waktu lalu di Bekasi.

Servis Gurah JDM Project

 

Joddy menyarankan kepada pemilik motor untuk menggunakan bensin sesuai dengan spesifikasi motornya. Karena menurutnya selain untuk performa, ruang pembakaran juga menjadi lebih bersih. Bahkan menurutnya kalau menggunakan bensin dibawah spesifikasi seharusnya dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

   Baca Juga: Tips Kilat Atasi Motor Mogok Akibat Banjir. Sudah Tahu Caranya?

"Kalau kerak semakin banyak di ruang pembakaran, efeknya sama motor jadi semakin lemot. Karena pembakaran engga sempurna, kompresinya engga sempurna. Jadi lemot, ngelitik, bensin boros, bahkan bisa sampe turun mesin sampai benar-benar mati," pungkasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id