BMW Motorrad Kenalkan Teknologi Rantai Tanpa Pelumasan dan Perawatan

BMW Motorrad Kenalkan Teknologi Rantai Tanpa Pelumasan dan Perawatan

Pabrikan motor asal Jerman, BMW Motorrad terus mengembangkan teknologi yang disematkan pada motor-motornya. Terbaru, pabrikan ini mengenalkan teknologi rantai yang tak memerlukan pelumasan serta minim perawatan, yakni rantai BMW Motorrad M Endurance.

   Baca Juga: Vinales Ungkap Masalah Rem yang Dialaminya di MotoGP Styria

Rantai tersebut, dilansir dari Paultan, saat ini kabarnya baru ditujukan untuk BMW S1000RR dan motor bergaya sport touring, S1000XR. Rantai tersebut diklaim memiliki lapisan yang tidak luntur saat digunakan.

Rantai BMW Motorrad M Endurance

Lapisan ini sendiri bernama tetrahedrally amorphous carbon (ta-C). Lapisan tersebut hadir di antara lapisan Diamond Like Carbon (DLC) yang biasa digunakan dan berlian murni dalam hal kekerasan serta ketahanan dari aus.

Terletak pada bagian roller rantai, lapisan ta-C mengurangi gesekan antara roller dan sproket motor. Hal ini karena sifat pelumasan yang kering dari ta-C dan menghilangkan keausan.

Rantai BMW Motorrad M Endurance

BMW Motorrad mengklaim, penggunaan rantai ini akan mengurangi kebutuhan pengendara terkait pelumasan rantai dan penyesuaian tingkat kekencangan rantai. Sehingga, akan mengurangi perawatan yang setara dengan motor berpenggerak poros.

   Baca Juga: Motor Bebek All New Honda Biz Meluncur di Pasar Eropa dan Amerika

Rantai ini sendiri tersedia dalam ukuran 525 pitch yang saat ini baru bisa digunakan pada S1000RR dan S1000XR. Namun ke depan, kabarnya BMW Motorrad akan menghadirkan rantai ini untuk produk motor lainnya. Rantai ini juga hadir sebagai pilihan aksesoris dan opsi standar pabrikan.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id