Cara Mudah Cek Kondisi Busi Motor Saat Di Rumah

Cara Mudah Cek Kondisi Busi Motor Saat Di Rumah
Selasa, 31 Maret 2020 15:00
Thio Pahlevi

Ancaman penyebaran virus Corona atau Covid-19 membuat pemerintah menghimbau agar masyarakat berkegiatan di rumah. Meskipun demikian, banyak hal yang tetap bisa dilakukan di rumah, seperti memeriksa kondisi motor misalnya.

Padatnya aktifitas sehari-hari seringkali membuat pemilik motor jarang memeriksakan kondisinya. Nah, selagi di rumah, kali ini OtoRider akan memberikan tips bagaimana melakukan pengecekan pada komponen motor, khususnya busi.

   Baca Juga: Suzuki Luncurkan Katana Berwarna Merah di Jepang

Apa saja peralatan yang dibutuhkan dan bagaimana cara memeriksanya?

Berdasarkan keterangan resmi dari PT NGK Busi Indonesia, peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, yakni hanya membutuhkan kunci standard untuk membuka compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat kondisi kerusakan busi.

Ilustrasi busi motor harus diganti

Usai membuka busi, segera lakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk melihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over, bahkan keausan normal pun bisa dilihat secara jelas.

Dalam pemakaian normal, busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi. Kalau sudah seperti ini, sebaiknya lakukan penggantian busi daripada hanya membersihkannya.

   Baca Juga: Motor Bebek Bergaya Chopper Hasil Karya Modifikator Taiwan

Jika memang harus dibersihkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja, kemudian di bersihkan menggunakan kain. 

Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam, seperti sikat kawat. Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator, maka segera ganti busi lama dengan yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.