Cuci Ban Pakai Sabun Bisa Bikin Rusak, Mitos atau Fakta?

Cuci Ban Pakai Sabun Bisa Bikin Rusak, Mitos atau Fakta?
Sabtu, 1 Februari 2020 13:00
Thio Pahlevi

Menjaga kebersihan komponen motor tentu saja bisa membuatnya memiliki usia pakai yang panjang. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari komponen tersebut mengalami karat atau bahkan keropos.

Bagian komponen yang perlu diperhatikan salah satunya adalah ban. Kotoran yang menempel pada ban dan dibiarkan dalam waktu lama akan membuat kinerja ban menjadi tidak optimal.

   Baca Juga: VIDEO: Kymco XCiting S 400i 2019 First Ride Review - Indonesia | OtoRider

Kabarnya, mencuci ban motor menggunakan sabun dapat merusak dan mempercepat usia pemakaiannya. Benarkah demikian? Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasannya.

Ban motor, TWI, Semir Ban, Ban Botak

 

"Sebenarnya tidak masalah menggunakan sabun. Kalau seperti sabun pencuci piring itu juga enggak apa-apa atau mungkin shampo motor yang khusus untuk cuci motor itu enggak masalah. Kalau saya agak enggak setuju dengan hal tersebut (penggunaan sabun merusak ban)," kata Bagus saat ditemui OtoRider di kawasan Depok, Jawa Barat beberapa hari lalu.

Bagus menambahkan, pencucian menggunakan sabun berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada ban. Cara ini juga bisa menjadi tips untuk merawat ban yang digunakan harian.

   Baca Juga: Kembali ke MotoGP, Jorge Lorenzo Bergabung Tim Yamaha

"Dalam kondisi kotor, lumpur menempel di dinding ban, itu kalau cukup lama dibiarkan nempelnya, bisa menimbulkan kerak dan akhirnya dia masuk ke pori-pori ban," jelas Bagus.

Mencuci ban menggunakan sabun, lanjut Bagus, sebenarnya bisa menggunakan sabun apa saja. "Kalau ban sudah kotor, memang harus segera dicuci dan dibersihkan menggunakan sabun, tidak perlu ada sabun khusus," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.