Dana yang Harus Disiapkan Kalau Mau Bikin Motor Balap

Dana yang Harus Disiapkan Kalau Mau Bikin Motor Balap

Yamaha Mekar Motor resmi membuka cabang terbarunya di kawasan Cibinong, Bogor. Di dealer baru tersebut, sejumlah fasilitias turut disediakan, antara lain adalah Speed Shop.

Speed Shop sendiri merupakan fasilitas terbaru Mekar Motor yang menawarkan layanan upgrade performa, pembuatan motor balap, hingga melakukan dyno test. Fasilitas ini juga bekerjasama dengan salah satu pembalap terkenal, Rey Ratukore.

   Baca Juga: Adu Akselerasi Honda Beat 2020 dan Model Lama. Siapa Lebih Kencang?

Lalu, bagaimana jika konsumen berminat melakukan upgrade performa atau ingin membuat motor balap? Berapa kisaran biayanya? Rey Ratukore selaku penanggung jawab Rey Speed Shop pun memberikan penjelasannya.

"Motor bebek itu harganya sekitar Rp 120 jutaan untuk motor sekelas MX King. Sudah siap balap dan layak di sirkuit," ujar Rey saat ditemui di Cibinong, Bogor beberapa waktu lalu.

Yamaha Mekar Cibinong, Speed Shop

 

Dengan biaya tersebut, nantinya konsumen akan mendapatkan sebuah motor Yamaha Jupiter MX King baru yang kemudian dimodifikasi untuk balap. Tak hanya itu, biaya ini juga sudah termasuk setting motor dan melakukan dyno test.

Sementara itu, untuk kelas matik, biaya yang perlu disiapkan berkisar mulai dari Rp 40 jutaan. Biaya ini untuk membangun motor matik sekelas Yamaha Mio.

"Sekitar Rp 40 jutaan lah kalau matik, tergantung spek sih. Tapi kalau kelas kaya Aerox, Nmax itu kan sudah di atas Rp 40 jutaan," jelas Rey.

Yamaha Mekar Cibinong, Speed Shop

 

Terakhir, untuk kelas sport sekelas Yamaha R25 membutuhkan biaya berkisar Rp 150 jutaan. Rey menambahkan, dengan biaya tersebut, hasilnya akan serupa dengan motor yang menjadi tunggangannya di ajang balap.

"Kalau R25 itu sekitar Rp 150 jutaan lah kurang lebih, itu sudah seperti motor yang saya pakai dan dipajang itu. Tapi sebenarnya tergatung request dari konsumen. Harganya bervariasi jadinya," ungkap Rey.

   Baca Juga: Modenas Ninja 250, Kloning dari Kawasaki Asal Malaysia?

Proses pengerjaan modifikasi menjadi motor balap ini pun ternyata tak membutuhkan waktu lama. Rey menilai, pengerjaan sendiri tergantung dari tingkat kesulitannya.

"Pengerjaan tergantung tingkat kesulitan. Itu enggak lama, dua sampai tiga hari. Kalau yang R25 misalnya. Biaya itu juga sudah termasuk testing motornya. Apakah sudah layak digunakan atau belum," ujarnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id