Elektrik Starter Motor Tidak Berfungsi, Belum Tentu Aki Soak!

Elektrik Starter Motor Tidak Berfungsi, Belum Tentu Aki Soak!
Rabu, 22 April 2020 14:00
Brian

Elektrik starter merupakan perangkat yang cukup penting pada motor. Alat ini membantu pengendara untuk menyalakan mesin dengan sangat mudah. Sehingga, saat ini semua motor menggunakan peranti tersebut dan beberapa telah meninggalkan kick starter atau engkol.

Namun sebagai part pada motor, ada kalanya alat ini tidak berfungsi secara optimal atau rusak. Sayangnya banyak yang selah kaprah dengan langsung mengasumsikan bahwa aki sudah mulai soak. Padahal bukan hanya soal aki, melainkan terdapat banyak penyebab elektrik starter tidak menyala.

   Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Sengaja Memasukan Benda Aneh Kedalam Knalpot?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari website Wahana Honda, terdapat beberapa penyebab elektrik starter mati, salah satunya adalah sekring putus. Sekring atau fuse memiliki tugas memutus aliran listrik yang terlalu besar. Sehingga jika kawat pada fuse putus, maka rangkaian kelistrikan menuju starter menjadi terkendala.

Peugeot Django - Saklar

Penyebab kedua adalah switch starter atau biasa disebut bendik bermasalah. Memiliki tugas yang hampir sama dengan fuse, switch starter berfungsi sebagai penyambung dan pemutus listrik. Tanda-tanda kerusakannya adalah akan muncul bunyi "krek" saat kabel disambungkan. Jika perangkat ini bermasalah, maka elektrik starter otomatis tidak berfungsi.

   Baca Juga: Modifikasi Kawasaki Z125 Jadi Mirip Ninja H2

Penyebab ketiga adalah rusaknya arang kumparan pada bak magnet. Arang kumparan pada motor memiliki fungsi untuk menyambung arus listrik ke bendik. Ketika perangkat ini rusak atau habis tergerus, maka daya listrik tidak tersalurkan. Sehingga menyebabkan listrik ke elektrik starter tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Terakhir, penyebab elektrik starter tidak dapat berfungsi adalah kabel bodi yang tidak terhubung. Sehingga pemilik juga harus memeriksa komponen ini secara keseluruhan termasuk sambungan ke aki. Bisa saja terdapat kabel yang terkelupas ataupun digerogoti oleh tikus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.