Hal yang Harus Diketahui Pemilik Motor Modifikasi Performa

Hal yang Harus Diketahui Pemilik Motor Modifikasi Performa

Modifikasi motor merupakan hal wajar yang dilakukan oleh para pecinta roda dua. Biasanya modifikasi yang kerap dilakukan adalah dari segi tampilan dan upgrade performa. Ternyata jika modifikasi upgrade performa akan terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pemilik motor.

Joddy Ario selaku pemilik bengkel JDM Project menyebutkan, motor yang telah melakukan upgrade performa durabilitasnya akan semakin berkurang. Karena spesifikasi mesin standar semakin ditingkatkan yang membuat motor bekerja lebih keras. Sehingga perlu perhatian ekstra dari sang pemilik motor yang telah melakukan upgrade performa.

   Baca Juga: Berikut Hal yang Menyebabkan Komponen Injeksi Rusak

"Semakin ditingkatkan performa mesin motor, misalkan naik kapasitas dan lain sebagainya. Maka pengeluaran semakin meningkat, jadi jangan dipikir naik kapasitas, mesinnya sekuat badak. Justru naik performanya, malah makin berkurang durabilitasnya," ujar Joddy saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu di Bekasi.

Servis Gurah JDM Project

 

Menurutnya bagi pemilik motor yang telah melakukan upgrade performa harus rajin ganti oli. Karena motor yang telah upgrade performa akan terus digunakan dalam performa tinggi. Alasannya karena tarikan motor terasa lebih bertenaga daripada saat masih standar.

   Baca Juga: Indikasi Rantai dan Gir Harus Segera Diganti

"Makanya yang udah upgrade performa lebih baik sering-sering ganti oli, sering servis. Soalnya yang begitu pemakaiannya pasti gas dibejek melulu, kan enak tarikannya. Pertanyaannya siap engga dengan perawatannya, karena bahaya kalau engga ditingkatkan juga perawatannya," pungkas Joddy.

Menurut Joddy jika pemilik motor yang telah upgrade performa tetapi perawatan masih sama seperti waktu standar maka motor akan cepat rusak. Terutama jika pemilik tetap menggunakan part yang murah atau part standar.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id