Mengerti Cara Kerja dan Fungsi Camshaft atau Noken As

Mengerti Cara Kerja dan Fungsi Camshaft atau Noken As
Senin, 29 Juni 2020 08:00
Brian

Camshaft atau biasa juga disebut sebagai noken as, merupakan komponen terpenting dalam sepeda motor. Komponen ini mengatur timing Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB) pada sepeda motor. Biasanya komponen ini dimiliki oleh mesin empat tak yang banyak digunakan pada saat ini.

Fikri selaku mekanik spesialis Honda Tiger menyebutkan, noken as selain menjadi timing untuk laju motor, juga berfungsi sebagai jalur bensin. Noken as bekerja untuk mengatur bensin masuk ke dalam pembakaran serta membuang sisa pembakaran. Kinerja noken as dilakukan oleh sudut pinggang drajat yang berfungsi untuk membuka klep.

   Baca Juga: Honda Supra X 125 Modifikasi Menjadi 250 cc Dua Silinder

"Jadi saat putaran noken as bagian klep ini membuka, itu bensin masuk. Lalu setelah itu ketutup, berputar sekali lagi untuk yang keluar. Saat seher ke atas maka jadilah tenaga, begitu kira-kira," ujar Fikri saat diwawancara oleh OtoRider beberapa waktu lalu.

Suzuki RM-Z250 2016 Camshaft

 

Dirinya menuturkan, karena memiliki peranan yang sangat penting maka perubahan pada noken as sangat berpengaruh terhadap performa motor. Hal ini dikarenakan kerja noken as yang mengatur keluar masuknya bensin ke ruang pembakaran. Selain itu noken as juga dapat berpengaruh kepada boros dan iritnya sebuah sepeda motor.

   Baca Juga: Mengenal Istilah Komponen Mesin Motor Camshaft?

"Biasanya kalau noken as dimodif, itu untuk balap-balap road race. Ubahannya biasanya cuma merubah derajat pinggangnya saja. Jadi dia merbah timing keluar masuknya bensin ke dalam ruang pembakaran," pungkas Fikri.

Saat ini noken as banyak hadir dari sejumlah merek sebagai sparepart modifikasi. Noken as modifikasi ini biasanya bertujuan agar motor menjadi lebih kencang. Sehingga banyak digunakan oleh bengkel-bengkel yang ingin membangun motor balap.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.