Modifikasi Custom Honda CRF450X Jadi Street Tracker

Modifikasi Custom Honda CRF450X Jadi Street Tracker

CRF450X adalah salah satu motor enduro terbaik yang dipasarkan oleh Honda. Motor ini telah mendominasi balapan padang pasir Baja 1000 dan Baja 500. Kemudian, baru-baru ini sebuah bengkel bernama Black Cycles asal Australia merombak motor CRF450X yang diberi nama Silver Surfer.

Dilansir dari Bikeexif, pemilik Black Cycles bernama Noel Muller menyadari potensi akan motor enduro CRF450X ini. Dengan tenaga 48 dk dan berat kering hanya 113 kg, membuat motor ini memiliki power-to-weight rasio yang sangat kecil. Sehingga hal ini membuatnya penasaran bagaimana jadinya jika dipakai dengan spesifikasi jalanan.

Rencana awal dari Noel untuk CRF450X ini cukup sederhana, yakni hanya mencopot semua bagian plastiknya. Namun ternyata tidak berhenti sampai disana, karena selain melepas semua bodi plastik motor ini, Noel juga mengganti sejumlah partnya.

Honda CRF450X Custom Silver Surfer

 

Terdapat beberapa bagian yang diganti oleh Noel, salah satunya adalah suspensi. Silver Surfer ini diganti suspensinya menggunakan XXX Rated Suspension dari Gazi. Ubahan suspensi ini dilakukan di bagian depan dan belakang yang membuatnya 200 mm lebih pendek.

   Baca Juga: Ketika Triumph Bonneville Dicustom Jadi Cafe Racer

Kemudian Noel juga mengganti ban dengan spesifikasi jalanan aspal, lampu LED baru berbentuk bulat, dan setang clip-on. Dari sini segala keanehan mulai terlihat dari motor ini. Alih-alih menjadi motor tracker, Silver Surver justru terlihat menjadi sebuah 'cafe cross'.

Honda CRF450X Custom Silver Surfer

 

Noel pun mencoba menjual motor ini lewat akun Instagram. Hasilnya memiliki banyak tanggapan yang membuatnya tidak laku. Lalu dirinya dan Black Cycles pun mengerjakan kembali motor berbasis CRF450X itu.

   Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Hal Berikut Saat Bore Up Mesin

Noel merubah ban depan berukuran 21 inci yang terbilang sangat besar. Kemudian dirinya mengganti ban itu dengan ukuran 18 inci menggunakan ban Avon Trailrider. 

Honda CRF450X Custom Silver Surfer

 

Kemudian bagian kursi, tangki bahan bakar, filter udara, dan setang clip-on ikut diubah. Noel membuat tangki alumunium ramping dan kursi baru yang segaris dengan tangki bahan bakar. Subframe baru juga dibuat dengan lampu stoplamp LED tertanam didalamnya. Bagian setang juga diganti menggunakan rasier yang menggenggam setang fatbar.

Soal warnanya, Noel menggunakan warna silver hampir pada semua bagian motor. Agar terlihat lebih hidup, dirinya menambahkan kelir warna merah pada beberapa bagian. Kelir merah dapat dilihat dari tutup tangki, setang, dan selang radiator.

Honda CRF450X Custom Silver Surfer

 

Hasilnya luar biasa, Honda CRF450X ini berubah menjadi street tracker sebenarnya dengan nama Silver Surfer. Rasanya ubahan kali ini akan menjadi sangat populer dan lebih mudah dijual dari bentuk sebelumnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id