Motor Di Rumah Saja, Berikut Cara Memanaskan Motor yang Benar

Motor Di Rumah Saja, Berikut Cara Memanaskan Motor yang Benar

Merebaknya virus Corona membuat sejumlah kegiatan harus dihentikan. Bahkan tidak sedikit perkantoran yang menerapkan kerja dari rumah atau Work From Home. Akibatnya motor akan jarang digunakan berpergian keluar dari rumah.

Motor yang jarang digunakan bukan berarti lepas dari perhatian para pemiliknya. Meskipun dirumah saja, motor harus tetap dirawat agar tetap memiliki performa yang prima. Salah satu cara merawat sepeda motor kesayangan adalah dengan memanaskan mesinnya.

   Baca Juga: Cara Mengecek Air Radiator Sendiri Di Rumah

"Kalau memang mau dipanaskan itu boleh, tetapi engga boleh lama-lama terutama motor tanpa radiator. Karena kalau motor tanpa radiator kan pendinginnya saat berjalan terkena angin. Kalau keadaan diam dia tidak ada pendinginnya," ujar Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor di bilangan Palmerah Barat, Jakarta, kepada OtoRider.

Perawatan motor dan oli mesin

 

Menurutnya jika motor dengan radiator tidak akan memiliki masalah jika terlalu lama dipanaskan. Hal ini disebabkan radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin ketika panas. 

   Baca Juga: Katalis EV.500, Motor Listrik Modifikasi Bergaya Militer Tempo Dulu

Dirinya juga menyebutkan semua jenis motor, baik karburator maupun injeksi lebih baik dipanaskan. Hal ini dibutuhkan agar piston dan oli tetap bergerak sehingga tidak mengerak di bawah. Dirinya pun menyarankan durasi pemanasan tidak mencapai 15 menit.

"Buat memanaskan motor itu cukup 10-15 menit saja, engga usah lama-lama. Injeksi pun sebaiknya dipanaskan juga, asal piston dan olinya bergerak saja. Jadi engga usah lama-lama," pungkas Sutrisno.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id