Motor Jarang Digunakan Saat 'Work From Home', Perlukah Cabut Aki?

Motor Jarang Digunakan Saat 'Work From Home', Perlukah Cabut Aki?

Ancaman penyebaran virus Corona atau Covid 19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat tak banyak keluar rumah. Akibatnya, motor yang biasa digunakan sehari-hari pun akan banyak diam di rumah.

Nah, bagaimana agar performa motor tetap terjaga meskipun jarang digunakan? Perlukah motor dipanasi atau bahkan harus mencabut akinya? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Berbentuk Kecil, Seberapa Penting Fungsi Tutup Pentil Ban?

"Sebenarnya sih perlu untuk dipanasi. Apalagi kalau enggak dipakai. Intinya itu buat kondisi sirkulasi oli. Bagusnya sebelum kita memakainya di jalan itu sebaiknya dipanasi," kata Adih pada OtoRider saat ditemui di Bintaro, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Aki

 

Lebih lanjut Adih menambahkan, memanaskan motor sebelum digunakan bertujuan untuk membuat sirkulasi oli optimal dalam melumasi seluruh bagian mesin. "Biar sirkulasi olinya naik ke bagian cylinder head, bagian piston, dan supaya pendinginannya nanti lebih bagus," ucapnya.

   Baca Juga: Kabar Rossi ke Tim Satelit, Bos Petronas Yamaha: Belum Ada Pembicaraan Itu!

Senanda dengan Adih, Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun menghimbau agar motor tetap dipanasi walaupun jarang digunakan. "Cukup rutin dipanaskan selama dua sampai tiga menit," ucapnya.

Lalu, apakah perlu untuk mencabut aki? "Untuk cabut aki tidak perlu. Kecuali motor ditinggal lama atau tidak ada yang memanasi motor," jelas Ribut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id