Pakai Ban Slick untuk Harian Lebih Banyak Untung atau Ruginya?

Pakai Ban Slick untuk Harian Lebih Banyak Untung atau Ruginya?
Jumat, 14 Februari 2020 06:00
Thio Pahlevi

Pemakaian ban slick umum ditemui pada motor-motor yang digunakan di lintasan sirkuit ketika mengikuti sebuah ajang balap. Ban slick sendiri merupakan ban yang tidak memiliki ulir atau kembangan pada tapaknya alias botak.

Tak hanya digunakan untuk ajang balap, beberapa biker ada juga yang menggunakannya untuk berkendara harian. Nah, apa efeknya jika ban slick digunakan harian? Apakah lebih banyak keuntungannya atau justru melah merugi?

   Baca Juga: Mengetahui Perbedaan Oli Mineral dan Sintetis

Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasan teknisnya. Menurutnya, ban slick sama sekali tidak disarankan untuk digunakan harian.

"Kami atau Planet Ban tidak menyarankan penggunaan ban slick itu untuk harian. Karena kondisi jalan dan aspal itu bermacam-macam. Di jalan pasti ada gravel, jalan jelek, jalan halus, hujan, pasir. Pastinya ban akan licin," kata Bagus pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Saat kondisi jalan kering, ban slick memang memiliki daya cengkram yang cukup baik. Namun, karakternya akan berubah drastis ketika melewati jalan basah.

   Baca Juga: GALERI: Penampakan Motor Balap yang Akan Hadir di MotoGP 2020

"Menggunakan ban slick untuk melakukan perjalanan harian sangat tidak direkomendasikan. Ketika ban slick melintasi trek basah atau tergenang air, ban akan licin karena tidak ada alur atau kembangan. Hal ini bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya," tulis Maxxis, salah satu merek ban di Indonesia dalam akun Instagram resminya, @maxxis.id.

Bagus mengungkapkan, alur atau kembangan ban memiliki peran cukup penting. "Alur ban itu sendiri fungsinya sebagai pemecah air, sehingga karet tetap bersentuhan dengan aspal dan juga agar tidak terjadi slip atau aquaplaning. Kalau ban itu botak, enggak bisa memecah air, ya selesai, pasti licin," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.