Perhatikan Hal Berikut Sebelum Ganti Pelek Jari-Jari XSR155

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Ganti Pelek Jari-Jari XSR155

Yamaha XSR155 hadir ke pasar Indonesia dengan gayanya yang retro namun tetap dengan sentuhan-sentuhan modern. Sayangnya, pelek dari motor ini masih menggunakan model palang yang membuatnya terlihat racing. Lantas bagaimana jika merubah pelek XSR155 menjadi model jari-jari?

Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage menyebutkan, untuk mengganti pelek jari-jari terdapat sejumlah hal yang diperhatikan. Dirinya menyebutkan, perhatian utama adalah dari bagian tromol. Pasalnya hingga saat ini tampaknya belum ada merek aftermarket yang menjajakan tromol jari-jari untuk Yamaha XSR155.

   Baca Juga: Panduan Ukuran Ban Maksimal pada Yamaha XSR155

"Kalau ganti pelek jari-jari, yang perlu diperhatiin itu tromolnya. Karena sepengetahuan saya, sampai saat ini belum ada tromol jari-jari yang pas buat XSR155. Kemarin diakalin pakai punya New Vixion, dari tromol aftermarket juga," pungkas Atenx saat dihubungi OtoRider, Jum'at (1/5).

Yamaha XSR155 Scrambler

 

Atenx menuturkan, pada penggunaan tromol New Vixion tetap terdapat sejumlah hal yang perlu disesuaikan lagi. Beberapa bagian harus dibubut agar sesuai dengan penempatan part lainnya, seperti gir dan disc brake. Namun untuk tromol bagian depan, dirinya menyebutkan tidak ada kendala dan bisa langsung dipasang.

   Baca Juga: Modifikasi Kustom Ekstrim Royal Enfield Interceptor 650

"Yang diubah itu di belakang, bosing cakram belakang mesti diubah dan dibubut sedikit supaya girnya lebih masuk. Kalau bawaan New Vixion itu modelnya lebih keluar, ya sedikit doang sih. Kalau yang depat seinget saya tinggal pasang deh, semuanya sama dari dudukan disc brake, bosing-bosing udah sama," jelas Atenx.

Soal harga, dirinya menyebutkan untuk tromol New Vixion saja sudah memakan biaya Rp 800 ribu. Angka tersebut belum termasuk biaya bubut agar menyesuaikan dengan gir dan cakram pada ban belakang. Dirinya menyebutkan, jika membuat pelek, tromol, jari-jari, kemungkinan memakan biaya hingga mencapai Rp 2,5 juta untuk depan dan belakang.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id