Pernah Lihat Angka Ini Pada Ban Motor? Apa Artinya?

Pernah Lihat Angka Ini Pada Ban Motor? Apa Artinya?

Umumnya sejumlah kode angka dan huruf dapat ditemui pada bagian dinding ban, khususnya ban motor. Angka tersebut tentu saja bukan hanya sebagai hiasan belaka, namun terdapat kode dari produksi dan spesifikasi ban itu sendiri.

Salah satu kodenya adalah empat digit angka yang ada pada sisi ban motor. Nah, apa arti dari kode angka tersebut? 

   Baca Juga: Skema Cicilan All New Honda BeAT 2020, Sebulan Hanya Rp 700 Ribuan

Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasannya. Kode angka tersebut merupakan keterangan terkait kapan ban tersebut diproduksi.

Kode produksi ban motor/ tahun pembuatan

 

"Itu adalah kode kapan ban itu diproduksi. Ada empat angka yang menunjukkan tahun pembuatannya," kata Bagus pada OtoRider di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, keempat digit angka tersebut merupakan kode minggu pembuatan serta tahun produksi ban. Jadi, dua angka awal menunjukkan minggu dan dua angka di akhir adalah tahun pembuatannya.

   Baca Juga: Benarkah Usia Pakai Busi Iridium Lebih Cepat?

Sebagai contoh, kode produksinya adalah 4219. Maka, bisa diartikan bahwa ban tersebut dibuat pada minggu ke-42 pada tahun 2019. Minggu ke-42 sendiri berarti sekitar minggu kedua Oktober 2019.

Tak hanya itu, kode produksi tersebut juga dapat menjadi patokan terkait masa kadaluarsa ban. "Kalau produksi luar negeri, itu biasanya kadaluarsanya atau layak pakainya 6 tahun. Tapi kalau untuk ban-ban yang non-import atau lokal, itu masa expired-nya rata-rata 2 tahun," jelas Bagus.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id