Servis Pertama Motor Baru Harus 1.000 KM Awal. Apa Tujuannya?

Servis Pertama Motor Baru Harus 1.000 KM Awal. Apa Tujuannya?
Rabu, 1 Januari 2020 13:00
Thio Pahlevi

Motor-motor baru umumnya diwajibkan untuk melakukan servis berkala pertama kali pada pemakaian selama sebulan atau 500 sampai 1.000 km awal. Anjuran ini biasanya berlaku pada semua pabrikan motor, salah satunya Yamaha.

Lalu, apa alasannya pabrikan mewajibkan motor baru untuk servis pada 500 hingga 1.000 km pertama? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Bahaya Mengintai Pengguna Helm dengan Double Visor

"Biasanya sih kalau servis pertama anjuran dari Yamaha sendiri perlu saat 500 sampai 1.000 km. Karena masanya produksi itu kan langsung ya dari awal. Jadi kita butuh tahu kondisinya. Mendeteksi kondisi motor lebih awal," kata Adih saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

Servis Yamaha

   Baca Juga: Terungkap! Ini Biaya yang Dikeluarkan Tim MotoGP Jika Motornya Terjatuh

 

Adih menambahkan, masa awal pemakaian ini juga merupakan waktu untuk melakukan inreyen pada motor. Dengan begitu, motor juga akan lebih cepat terdeteksi jika mengalami masalah saat proses produksi.

"Contohnya kaya inreyen. Motor butuh penyesuaian dulu dengan kondisi oli, sirkulasi oli, atau buat pengisiannya. Selain itu juga untuk membersihkan dari sisa-sisa gram saat masa produksi. Jadi kita kontrol semuanya," jelas Adih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.