Tanpa Disadari, Terdapat 3 Faktor Keseimbangan Berkendara Sepeda Motor

Tanpa Disadari, Terdapat 3 Faktor Keseimbangan Berkendara Sepeda Motor

Sepeda motor kini menjadi alat transportasi yang banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Menunggangi motor juga bukan perkara yang sulit dan dapat dilakukan oleh setiap orang. Namun banyak pengendara yang tidak mengetahui soal faktor yang mempengaruhi keseimbangan pada sepeda motor.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Safety Riding Jakarta Devensive Driving Consulting mengatakan terdapat tiga faktor yang mempengaruhi keseimbangan. Dirinya menyebutkan, mengingat motor tidak mengenal kata stabil melainkan keseimbangan. Sehingga keseimbangan sangat penting dalam mengendarai sepeda motor.

   Baca Juga: Isi Angin Ban Motor, Sebaiknya Pakai Udara Biasa atau Nitrogen?

"Pertama itu ada lintasan, dimana roda depan dan belakang itu posisinya harus selaras. Kedua riding posture yang merupakan posisi badan. Ketiga itu kecepatan, kecepatan yang sesuai dengan kondisi saat itu," ujar Jusri saat dihubungi oleh OtoRider, Selasa (29/9).

Kompetisi Safety Riding Wahana Honda

 

Dirinya menuturkan ketiga hal ini membuat seseorang dapat mengendarai dan menyeimbangkan motor. Sayangnya ketiga faktor ini jarang disadari oleh para pengguna sepeda motor. Ketiga faktor ini pun harus berintegrasi agar keseimbangan dapat diperoleh pengendara.

   Baca Juga: Motor Dilengkapi Idling Stop System, Kapan Fitur Ini Bekerja?

Jusri pun mencontohkan posisi motor dengan keadaan roda depan dan belakang yang tidak selaras. Jika pada 0 km/jam ban tidak selaras, ketika berjalan maka pengendara dapat terjatuh. Menurutnya jika pengendara tidak terjatuh, berarti terdapat penyesuaian di dua faktor lainnya.

"Kalau dari kecepatan 0 km/jam roda depan kita tekuk habis, engga bisa jalan, jatuh kan. Bisa jalan tetapi kecepatannya pelan-pelan, kaki kita pun turun. Bagi orang yang ahli, tanpa kaki turun dia bisa karena mempersiapkan riding posture," pungkasnya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id