Tips Bersihkan Filter Udara Motor Tanpa Perlu ke Bengkel

Tips Bersihkan Filter Udara Motor Tanpa Perlu ke Bengkel

Filter udara merupakan salah satu komponen penting pada setiap motor. Tanpa adanya komponen tersebut, udara yang masuk ke ruang pembakaran tidak dapat tersaring. Sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna dan berisiko merusak mesin.

Ternyata untuk merawatnya pun cukup mudah, bahkan dapat dilakukan tanpa harus pergi ke bengkel. Pemilik motor dapat melakukannya di rumah hanya bermodalkan obeng kembang atau plus saja. Posisi filter udara pun cukup mudah di temukan, misalnya pada motor matik yang biasanya terletak di atas CVT (Continuously Variable Transimission).

   Baca Juga: Motor Lama Tak Dipakai? Berikut Cara Cabut Aki yang Benar

"Membongkarnya cuma butuh obeng kembang saja, posisinya kalau di motor matik itu ada di atas CVT. Kalau filter udara pabrikan tidak direkomendasikan untuk dibersihkan pakai air. Jadi memang harus ganti yang baru, kalau budget enggak ada baru dibersihkan," ujar Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor di daerah Palmerah Barat kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

filter viscous element

Sutrisno yang pernah bekerja di bengkel resmi Honda menyebutkan, untuk membersihkan filter pabrikan memang tidak diperbolehkan menggunakan air. Cara membersihkannya harus menggunakan kompressor angin agar kotoran dapat terangkat. Sutrisno juga memberikan kiat sederhana untuk membersihkannya tanpa menggunakan kompressor angin.

   Baca Juga: Berikut Ciri-Ciri Busi Motor Sudah Tidak Bisa Dipakai

"Kalau cuma dibersihkan tinggal di getok-getok ke lantai saja, nanti kotorannya jatuh dengan sendirinya. Itu kalau di rumah tidak ada kompressor angin. Kalau punya disemprot angin begitu lebih bagus," pungkas Sutrisno.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id