Tips Memilih Kunci Perkakas yang Sesuai Agar Baut dan Mur Tak Cepat Rusak

Tips Memilih Kunci Perkakas yang Sesuai Agar Baut dan Mur Tak Cepat Rusak
Rabu, 8 April 2020 15:00
Thio Pahlevi

Berbagai jenis dan ukuran kunci perkakas saat ini bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Kunci perkakas ini bisa digunakan untuk beragam kegiatan di rumah, salah satunya ketika merawat atau membongkar motor.

Ragam jenis dan ukuran kunci perkakas ini tersedia untuk membuka baut dan mur yang juga memiliki bermacam-macam ukuran. Kesesuaian jenis dan ukuran ini harus diperhatikan agar tak melukai baut ataupun mur.

   Baca Juga: Daftar Harga Matik Honda (April 2020)

Lalu, bagaimana caranya memilih kunci perkakas yang baik agar tidak merusak baut dan mur? 

Gatot Sulistyo Aji selaku Product and Development Staff Tekiro Tools pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih kunci yang sesuai dengan baut yang akan dikerjakan.

Kunci ratchet atau socket Tekiro Tools

"Jika pengencangan atau pengenduran baut membutuhkan momen atau torsi yang kuat, harus diusahakan dengan menggunakan kunci ring atau kunci socket terlebih dahulu sebelum digunakannya kunci pas. Karena kunci pas tidak memiliki rahang yang tertutup," ujar Gatot pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: All New PCX Dikabarkan Segera Meluncur, Seperti Apa Wujudnya?

Gatot menambahkan, membuka baut yang keras menggunakan kunci pas dapat berpotensi merusak mur atau baut tersebut. Hal ini karena bentuk kepala kunci pas yang tak tertutup secara keseluruhan.

"Jika menggunakan kunci pas saat mengencangkan atau pengenduran mur dan baut, usahakan kunci memeluk kepala baut dengan mantap. Sehingga tidak merusak desain heksagonal dari mur atau baut," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.