Tips Waktu Ideal dan Cara Menggunakan Air Impact Wrench

Tips Waktu Ideal dan Cara Menggunakan Air Impact Wrench
Rabu, 15 April 2020 13:00
Thio Pahlevi

Beragam jenis kunci perkakas tersedia di pasaran untuk memudahkan Anda ketika merawat atau membongkar motor. Salah satu perkakas yang cukup memudahkan untuk membuka atau mengencangkan mur dan baut adalah air impact wrench.

Air impact wrench merupakan sebuah perkakas power tool yang menggunakan tenaga listrik dan tekanan angin kompresor. Fungsinya adalah untuk membuka mur dan baut tanpa harus memutar secara manual. Sehingga tidak memerlukan tenaga lebih dalam pengerjaannya dan proses juga menjadi lebih cepat.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Matik Rp 18 Jutaan. Apa Saja Pilihannya?

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan air impact wrench tersebut? Gatot Sulistyo Aji selaku Product and Development Staff Tekiro Tools pun memberikan penjelasannya.

"Digunakan pada saat mengendurkan dan mengencangkan mur atau baut yang susah dan saat memerlukan kekencangan baut yang maksimal. Selain itu, ketika pengguna memerlukan kecepatan untuk mengendurkan dan mengencangkan baut," ujar Gatot pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Perkakas air impact wrench tekiro tools

 

Selain waktu ideal, Gatot juga menjelaskan cara menggunakan air impact wrench yang benar. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tekanan angin kompresor misalnya.

   Baca Juga: Cake Kalk INK SL, Motor Listrik Off-Road yang Legal Turun ke Jalan

"Setel tekanan kompresor sesuai buku manual. Lalu, cek alat dan lumasi dengan oli alat udara atau air tool oil. Kemudian atur arah putarannya. Disarankan lepas mur tidak pakai kunci impact karena ada resiko mur atau baut terlempar," jelasnya.

Gatot menambahkan, selalu pasang baut atau mur dengan tangan terlebih dahulu sampai beberapa ulir, kemudian bisa teruskan dengan cepat menggunakan kunci impact. Selain itu, proses pengencangan terakhir disarankan agar memakai kunci moment, bukan kunci impact.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.